Kehebatan Sukhoi Su-35 si Monster Langit dari Rusia

Kehebatan Sukhoi Su-35 si Monster Langit dari Rusia

Jet tempur Su-35 Super Flanker. (foto: ist net)

Sukhoi SU-35S yang mendapat julukan Super Flanker, Monster Langit dari Rusia. SU-35S bisa dikatakan sebagai jet tempur rusia paling canggih yang sudah full operasional. Bahkan, para petinggi Angkatan Udara Amerika Serikat mengakui bahwa Su-35 Super Flanker adalah jet tempur terkuat saat ini.

Seorang pejabat Angkatan Udara AS yang berpengalaman di proyek Lockheed Martin F-35 Joint Strike Fighter mengatakan bahwa Su-35 bisa menimbulkan tantangan serius. F-35 dibangun terutama sebagai jet tempur yang tidak memiliki kecepatan atau kemampuan terbang tinggi seperti yang dimiliki Su-35. "Kemampuan Su-35 untuk terbang tinggi dan cepat merupakan masalah besar, termasuk untuk F-35,” kata pejabat Angkatan Udara seperti disarikan batamnews.com dari indo-defence.

“Mesin yang kuat besar, kemampuan supercruise untuk waktu yang lama dan avionik yang sangat baik membuat platform ini benar-benar sulit tertandingi,” kata salah seorang pilot Raptor.

Karena merupakan pesawat generasi 4++ tentu saja kemampuan Su-35S secara teknikal berada di atas pesawat generasi 4 seperti Rafale, F18, F16 dan sejenisnya.

Super Flanker juga memiliki keistimewaan lain yakni tak mudah untuk diendus radar lawan, meski Su-35S bukan pesawat siluman atau stealth seutuhnya layaknya generasi ke-5 seperti F-22 Raptor atau F-35 Lightning II. Radar jenis NIIP Tikhomirov Irbis-E diklaim mampu mendeteksi 30 target di udara, 4 objek di darat dengan jarak hingga 400 km.

 Jangkauan radar milik Super Flanker yang dua lebih jauh ketimbang pesawat-pesawat generasi 4 atau 4+ memungkinkan Su-35S melakukan aksi First Look-First Shoot-First Kill. Sebelum pilot lawan melihat Super Flanker, pilot Su-35S bisa lebih dulu menjatuhkan pesawat lawan tersebut.

Pesawat ini memiliki kecepatan hingga 1.400 km per jam di atas laut dan 2.400 km per jam di ketinggian 60 ribu kaki.

Pesawat ini mampu membawa hingga 8.000 kg bom, misil dan peluru. Harga satu unit Su-35 dibanderol antara USD 40 juta (atau setara Rp 505 miliar) hingga USD 65 juta (Rp 821 miliar).

(ind/bbs/indo-defence)


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews