Alwaleed, Pangeran Arab yang Kekayaannya Melebihi Raja Salman

Alwaleed, Pangeran Arab yang Kekayaannya Melebihi Raja Salman

Pangeran Alwaleed dan istrinya. (foto: ist/net)

BATAMNEWS.CO.ID, Jakarta - Raja Arab Saudi, Salman bin Abdulaziz Al-Saud yang akan datang ke Indonesia membawa rombongan hingga 1.500 orang. Diantaranya 25 orang pangeran dan 10 menteri.

Kerajaan Arab Saudi terkenal dengan jumlah pangerannya yang sangat banyak.

Lalu siapa orang terkaya di Arab Saudi yang kekayaannya melebihi Raja Salman? Orang itu adalah keponakan sang raja, yaitu Pangeran Alwaleed bin Talal.

Alwaleed bin Talal adalah salah satu keponakan mendiang Raja Abdullah bin Abdulaziz.

Alwaleed merupakan orang terkaya di Arab Saudi dengan harta US$ 28 miliar (Rp 372 triliun) di akhir 2016 berdasarkan data Forbes seperti dikutip, Selasa (28/2/2017).

Sedangkan Raja Salman memiliki kekayaan US$ 17 miliar atau setara Rp 226,7 triliun (1 dollar AS setara Rp 13.300).

Selain terkaya, Alwaleed juga terkenal paling gaul. Melalui perusahaan investasinya, Kingdom Holding, Alwaleed berinvestasi di sejumlah perusahaan teknologi masa kini seperti Twitter, eBay, Lyft, Apple, dan lain-lain.

Portofolio investasinya juga sarat dengan perusahaan-perusahaan yang kekinian, seperti Marvel Comics, Hotel Four Seasons, Citigroup, Coca-Cola, PepsiCo, McDonalds, dan lain-lain.

Hal ini sangat bertolak belakang dengan portofolio bisnis Kerajaan Arab Saudi yang mayoritas mengandalkan penjualan minyak dunia ke berbagai negara.

Berkat kegaulannya itu Alwaleed bisa meraup keuntungan besar dan menjadi orang terkaya di Arab Saudi. Pada 2013 silam, ia pernah protes ke Majalah Forbes karena tidak masuk 10 besar orang terkaya dunia.

Alwaleed menganggap Forbes salah menghitung jumlah harta kekayaannya. Ia pun meminta namanya dihapus saja dari daftar tersebut karena hanya masuk di 20 besar alias di posisi 19.

Sementara Forbes mengaku sangat independen dalam menghitung kekayaan dan aset pada miliuner yang masuk dalam daftar orang terkaya di dunia tersebut.

Jika ditotal, jumlah kekayaan keluarga kerajaan Arab Saudi mencapai US$ 1,4 triliun atau sekitar Rp 18.620 triliun.

(ind/bbs)


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews