Pedagang Korban Kebakaran di Pasar Blok A KUD Tanjungpinang Diberi Kios Baru

Pedagang Korban Kebakaran di Pasar Blok A KUD Tanjungpinang Diberi Kios Baru

Dinas Perdagangan Kota Tanjungpinang bersama Komisi II DPRD Tanjungpinang saat memantau kondisi Pasar Baru Rakyat Kota Tanjungpinang yang baru siap dibangun. (foto : Aji/Batamnews)

BATAMNEWS.CO.ID, Tanjungpinang - Pedagang di Pasar Blok A KUD Jalan Plantar, Tanjungpinang yang terbakar pada 2012 lalu akan mendapatkan tempat baru. Pemerintah Kota Tanjungpinang akan menyediakan 30 kios di pasar yang diberi nama "Pasar Baru Rakyat" tersebut.

Dinas Perdagangan dan Perindustrian Kota Tanjungpinang bekerjasama dengan Kementerian Perdagangan telah selesai membangun pasar tersebut. Rencananya mulai beroperasi sekitar bulan Maret 2017.

Dari data BUMD, pedagang yang kiosnya terbakar berjumlah 40 orang. "Memang kios cuma 30, langkah yang diambil kita data dulu pedagang yang ada, dan kita berikan kepada korban kebakaran," kata Kabid Perdagangan Disperindag Tanjungpinang, Desi Afriyanti, Senin (27/2/2017).

"Pasar ini statusnya masih barang milik negara, proses hibah dari Kementerian ke Pemko Tanjungpinang sudah dalam proses. Dokumennya sudah kita serahkan," kata Desi di Pasar Kota Lama. 

Dalam pelaksanaan penempatan para pedagang, kata Desy, nantinya menunggu duduk bersama antara Badan Usaha Miliki Daerah (BUMD) Kota Tanjungpinang dengan Pemko Tanjungpinang.

"Untuk penempatannya nanti BUMD yang akan mengatur, nantinya akan ada rapat teknis, persiapan untuk peresmian oleh Walikota Tanjungpinang," kata Desy.

Ditempat yang sama, anggota Komisi II DPRD Kota Tanjungpinang, Peppy Candra mengatakan, pasar yang dibangun oleh kementrian dapat digunakan dan dimanfaatkan, dikelola sebagaimana mestinya.

"Kesimpulannya nanti kedepannya kita berharap BUMD lebih ketat lagi dalam pengawasan. Hasil sewa sewa pedagang dapat membantu PAD Kota Tanjungpinang," kata Peppy saat sidak Pasar Kota Lama.

Pantauan dilokasi, Pasar Baru Rakyat Kota Tanjungpinang ini di design cukup rapi. Lantainya menggunakan keramik dan ruang yang minimalis mempermudah para pedagang, dan tampak jauh lebih bersih.  


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews