Mahershala Ali, Aktor Muslim Pertama Peraih Piala Oscar

Mahershala Ali, Aktor Muslim Pertama Peraih Piala Oscar

Mahershala Ali. (foto: ist/borneopost)

BATAMNEWS.CO.ID, California - Pemeran Juan dalam film Moonlight, Mahershala Ali, baru saja memenangkan piala Oscar untuk kategori Actor in Supporting Role lewat perannya di film drama tersebut.

Lahir dengan nama Mahershalalhashbaz Gilmore pada 16 February 1974, Mahershala Ali telah membintangi beberapa film, seperti The Curious Case of Benjamin Button bersama Brad Pitt dan Cate Blanchett, The Place Beyond the Pines bersama Ryan Gosling dan Eva Mendes, The Hunger Games: Mockingjay bersama Jennifer Lawrence, dan Free State of Jones bersama Matthew McConaughey.

Selain film layar lebar, ia juga membintangi lebih dari 10 serial televisi, salah satunya adalah House of Cards dan hadir sebanyak 33 episode.

Di film Moonlight, Ali memerankan Juan, seorang pengedar narkoba yang menjadi ayah angkat tokoh utamanya, Chiron. Atas usaha kerasnya, Ali berhasil memenangkan piala Oscar di Academy Awards tahun ini.

Terpilihnya Ali sebagai juara menjadikannya sebagai aktor muslim pertama yang memenangkan piala Oscar. Kemenangan pria yang baru saja dikaruniai bayi perempuan itu menjadikannya pria berdarah Afrika-Amerika ke-5 yang memenangkan kategori Actor in Supporting Role.

Ali memeluk agama Islam di saat ia menyelesaikan sekolahnya. Pada buku berjudul By the Dawns Early Light yang diterbitkan oleh Majelis Khuddamul Ahmadiyya di Amerika Serikat, Ali mengaku bahwa awalnya, Amatus Karim, teman sekolahnya, mengajaknya ke masjid untuk melaksanakan salat Jumat. Ketika ia melakukan beberapa gerakan salat, Ali mengaku terharu hingga menangis.

"Yang aku tahu, umat muslim percaya dan hanya memiliki satu Tuhan dan Muhammad adalah nabi-Nya. Selesai salat, seorang anak lelaki memandangku dan bertanya apakah aku ingin menjadi orang Muslim atau tidak dan aku menjawab, "Ya,"," ucapnya.

Mahershala Ali berhasil membawakan peran Juan dengan emosional sekaligus sosok ayah yang bijaksana. Bagaimana cara seorang Juan memperlakukan Chiron sebagai anak kandung dan membantu menemukan identitasnya patut diacungi jempol.

Sempat Salah Sebut

Sebuah kejadian aneh, lucu, dan bersejarah mewarnai pergelaran Academy Awards 2017 di Dolby Theater, Hollywood, Los Angeles, California, Minggu (26/2/2017) waktu setempat atau Senin (27/2/2017) waktu Indonesia. Aktor Warren Beatty dan Faye Dunaway salah sebut nama pemenang kategori film terbaik.

Dua aktor dan aktris veteran itu awalnya menyebut bahwa La La Land adalah pemenang pada malam itu. Para kru film itu pun sudah naik ke atas panggung. Tapi, pengumuman itu kemudian diralat.

La La Land tidak jadi memenangkan kategori utama Oscar itu. Pemenang untuk kategori ini sejatinya adalah film Moonlight.

Menurut Beatty, kejadian itu terjadi karena amplop yang dia terima salah. Di amplop itu tertulis bahwa pemenangnya adalah Emma Stone dari film La La Land. Sebelumnya, Emma memenangkan Oscar untuk kategori aktris terbaik.

Jadi, ketika para kru La La Land sudah naik panggung, Beatty dan Dunaway terlihat berdiri dengan kikuk. Mereka kemudian meralat pengumuman tersebut.

“Saya akan beritahu apa yang terjadi. Saya buka amplopnya dan di situ tertulis Emma Stone, La La Land. Itulah mengapa saya melihat ke arah Faye dan kalian dalam waktu lama. Saya tidak berusaha melucu,” ujar Beatty, yang dikutip Reuters.

Setelah membaca tulisan di amplop tersebut, Dunaway-lah yang akhirnya membacanya. “La La Land,” katanya.

Kejadian itu tidak hanya membingungkan kru La La Land, tapi juga Moonlight. “Ini benar. Bukan palsu. Cinta saya untuk La La Land, cinta saya untuk semua orang,” ujar sutradara Moonlight Barry Jenkins saat menerima penghargaan itu.

Ini adalah kali pertama dalam sejarah telah terjadi kesalahan besar di Academy Awards. Banyak orang pun jadi bingung.

“Apa ini momen tergila Oscar sepanjang zaman? Kejadian yang sangat aneh dalam sejarah Oscar. Saya kira semua orang bingung dan sekaligus senang untuk Moonlight,” ujar Emma.

La La Land yang dibesut Damien Chazelle berjaya di Academy Awards dengan 14 nominasi. Film tersebut meraih 6 Oscar di Academy Awards 2017, termasuk untuk kategori produksi, sinematografi, penata musik, soundtrack, sutradara terbaik dan aktris terbaik.

(ind/bbs)


Komentar Via Facebook :

Berita Terkait

close

Aplikasi Android Batamnews