Sejarah dan Keindahan Alam, Ini 8 Keunikan Batam yang Wajib Diketahui?

Sejarah dan Keindahan Alam, Ini 8 Keunikan Batam yang Wajib Diketahui?

Foto : Keindahan terumbu karang di Pulau Abang (istimewa)

BATAMNEWS.CO.ID - Memiliki sejarah dan keindahan alam, Kota Batam dikenal dengan kota yang memiliki keunikan tersendiri. Sebagian keunikan Batam ini sudah menjadi pengetahuan umum, namun ada juga yang mungkin belum diketahui orang lain.  

Seperti diketahui bahwa Batam merupakan bagian dari kepulauan Riau (Kepri). Batam memiliki banyak pulau di sekitarnya. Pulau-pulau terbesar yang dikenal oleh banyak orang adalah Pulau Rempang, Pulau Galang dan Pulau Galang Baru. Tak heran, Batam menyimpan banyak keindahan alam, terutama pantainya.

Setiap pulau memiliki keindahan, sejarah dan ceritanya sendiri. Seperti misalnya Pulau Sambu yang dahulu pernah memiliki masa kejayaan sebagai pulau minyak. Atau Pulau Galang yang menyimpan sejarah pengungsi Vietnam yang peninggalannya masih bisa dinikmati sampai sekarang. Atau juga Pantai Vio Vio yang memiliki pasir putih dengan fasilitas pantai yang lengkap.

Selain itu, Batam juga dikenal sebagai kota industri. Kegiatan industri di Batam dipusatkan di Pulau Batam itu sendiri. Industri elektronik, manufacturing, galangan kapal ataupun fabrikasi oil and gas, tersebar di penjuru Pulau Batam. Hal ini lah yang membuat Pulau Batam menjadi favorit orang-orang daerah lain untuk datang dan mencoba peruntungan di Batam.

Setelah mengetahui sekilas tentang Kota Batam pada umumnya, sekarang saatnya membahas apa saja sih keunikan keunikan Batam?

Berikut 8 keunikan Kota Batam yang wajib diketahui :

1. Kunjungan wisman 

Batam selalu menjadi 3 daerah di Indonesia yang paling banyak dikunjungi wisman! Setiap bulan, Batam dikunjungi oleh wisman dengan rata-rata sebanyak 120 ribu kunjungan! Dan pada tahun 2015, kunjungan wisman ke Batam mencapai angka lebih dari 1.5 juta. Belum termasuk Wisatawan lokal lho. Luar biasa kan?

2. Pelabuhan international terbanyak 

Batam adalah satu-satunya kota di Indonesia dengan pelabuhan internasional terbanyak, dan bebas visa untuk banyak negara.

3. Spot snorkeling 

Batam punya banyak spot snorkeling dan diving yang tidak kalah indah dengan Bunaken dan Raja Ampat.

4. Keindahan terumbu karang

Spesies terumbu karang langka yang ditemukan di bawah laut perairan Pulau Abang Kecil di Batam adalah jenis Blue Coral. Amazing bukan?

5. Event international

Event internasional di Batam? Banyak! 2 event terhitz yang rutin diadakan di Batam dengan peserta internasional adalah Tour de Barelang dan Nongsa Regatta.

6. Eco park terbesar

Di Batam sedang dibangun Funtasy Island yang merupakan Eco Theme Park terbesar di dunia dengan 7 pulau & luas 328 ha! Sekarang ini sudah mulai gencar dipromosikan walaupun belum 100% beroperasi.

7. Tempat berbelanja wisman dari Singapura

Fakta bahwa orang Indonesia banyak belanja di Singapura adalah lucu karena orang Singapura justru belanja ke Batam karena murahnya.

8. Landasan pacu terpanjang

Batam memiliki landasan pacu terpanjang di Indonesia sepanjang 4025 meter! Yaitu Bandara Internasional Hang Nadim.  


Komentar Via Facebook :

Berita Terkait

close

Aplikasi Android Batamnews