Prediksi Pilkada DKI Jakarta, Ini Paslon Lolos ke Putaran Kedua

Prediksi Pilkada DKI Jakarta, Ini Paslon Lolos ke Putaran Kedua

Tiga pasangan calon DKI Jakarta. (istimewa)

BATAMNEWS.CO.ID, Jakarta – Proses pemungutan suara Pilkada DKI Jakarta sudah ditutup dan penghitungan. Beberapa hasil sementara hitung cepat menunjukkan tidak ada pasangan yang memperoleh suara di atas 50 persen. Meski penghitungan resmi dari KPU belum diumumkan, kemungkinan kuat Pilgub DKI Jakarta 2017 bakal berlangsung dua putaran. Itu berarti ada satu pasangan calon (paslon) yang gugur.

Hasil survei tiga lembaga konsisten dengan sebelumnya. LSI memang agak berbeda dengan menempatkan pasangan Agus Harimurti Yudhoyono-Sylviana Murni (AHY-Silvy) sebagai pemenang dengan elektabilitas 30,9 persen. Namun, selain selisihnya dengan paslon lain masih dalam rentang margin error, tren yang tergambar pun sama.

Yakni, elektabilitas pasangan AHY-Sylvi yang sempat meroket pada November–Desember 2016 justru menukik di saat-saat terakhir menjelang hari H. Itu konsisten dengan hasil dua lembaga survei yang lain. Ketika dua paslon lain punya tren naik, justru pasangan nomor urut 1 tersebut malah turun.  

Burhanuddin Muhtadi, direktur Indikator Politik Indonesia, menyatakan bahwa AHY-Sylvi dan Anies Baswedan-Sandiaga Uno (Anies-Sandi) berebut ceruk elektoral yang sama. "Hubungannya antagonistis (saling memakan, Red),” ucapnya.

Hanya, dalam pertarungan politiknya, tim paslon nomor 1 kerap ”bertarung” dengan paslon nomor 2 Basuki Tjahaja Purnama-Djarot Saiful Hidayat (Ahok-Djarot). Itulah kira-kira yang membuat tren kenaikan Anies-Sandi (pasangan nomor 3) paling tinggi.

Pengamat politik Puthut Eko Aryanto bahkan berani mengeluarkan prediksi. Yaitu, yang hampir pasti lolos ke putaran kedua adalah pasangan Ahok-Djarot dan Anies-Sandi. ”Ahok-Djarot sekitar 42 persen, sedangkan Anies-Sandi 37 persen,” yakinnya.

Pasangan AHY-Sylvi sendiri tercecer dengan hanya meraup 20-an persen suara.

(ind/bbs)

 


Komentar Via Facebook :

Berita Terkait

close

Aplikasi Android Batamnews