Empat Provinsi Diguncang Gempa, Deli Serdang Hingga Sulawesi Utara

 Empat Provinsi Diguncang Gempa, Deli Serdang Hingga Sulawesi Utara

Ilustrasi alat pencatat getaran gempa Seismograf. (foto: ist/net)

BATAMNEWS.CO.ID, Jakarta - Beberapa kali gempa mengguncang wilayah Indonesia dalam dua hari ini. Mulai dari Mentawai, Bali, Sumatera Utara dan Sulawesi Utara.

Gempa bumi berkekuatan 5,2 skala richter mengguncang wilayah Tenggara Klungkung Bali, Minggu, 12 Februari 2017, sekira pukul 11.25 WIB.

Laporan Badan Meterologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG), gempa ini berpusat di laut dengan kedalaman 10 kilometer dan terjadi di jarak 111 kilometer Tenggara Klungkung.
 
Sejauh ini belum ada laporan kerusakan dan dampak dari gempa tektonik laut dangkal tersebut. Namun dipastikan gempa ini tidak berpotensi tsunami. Mengutip dari laporan BMKG, disebutkan juga bahwa sehari sebelumnya, Sabtu, 11 Februari 2017, gempa juga sempat melanda dua titik yakni Deli Serdang dan Kepulauan Mentawai.

Di Deli Serdang terjadi pada pukul 11.24 dengan kekuatan 4,2 skala richter terjadi di kedalaman 10 kilometer. Sedangkan di Mentawai terjadi dengan kekuatan 4,11 SR di kedalaman 21 kilometer pada pukul 2.52 WIB.
 
Dalam informasi tersebut BMKG belum menginformasikan apakah gempa tersebut berpotensi tsunami atau tidak, namun gempa itu turut dirasakan di Kota Tua Pejat, Mentawai, dengan skala intensitas gempabumi (SIG) masuk kategori II (lemah) atau dirasakan oleh orang banyak tetapi tidak menimbulkan kerusakan.

Gempa bumi juga terjadi di Bolaang Mongondow Timur Sulawesi Utara dengan kekuatan 4,4 SR sekitar pukul 13.55 WITA pada Minggu 12 Februari 2017.

Gempa ini berlokasi 0.08 Lintang Selatan, 124.48 Bujur Timur atau  88 Kilometer sebelah tenggara Boltim dengan kedalaman 14 Kilometer.

"Hanya saja gempa yang terjadi tidak berpotensi tsunami," demikian dirilis Badan Meteorologi dan Klimatologi Sulawesi Utara.

Sejauh ini belum ada laporan kerusakan dan dampak akibat gempa tektonik laut dangkal tersebut.

(ind/bbs)


Komentar Via Facebook :

Berita Terkait

close

Aplikasi Android Batamnews