UEFA Pakai Regulasi Baru di Liga Champions 2018-2019

 UEFA Pakai Regulasi Baru di Liga Champions 2018-2019

Ilustrasi Liga Champions. (foto: ist/net)


BATAMNEWS.CO.ID, Nyon - Badan tertinggi sepak bola Eropa, UEFA, resmi mengumumkan empat besar liga utama negara Eropa untuk mendapat tempat langsung di fase penyisihan grup Liga Champions 2018-2019. Hal ini dipilih berdasarkan empat asosiasi berperingkat tertinggi dalam tabel koefisien.

“Empat klub dari empat liga teratas Eropa akan lolos otomatis ke fase grup Liga Champions 2018-2019,” tulis pernyataan UEFA, mengutip dari Football Italia, Sabtu (10/12/2016).

Empat negara yang berhak mendapatkan jatah empat wakilnya di fase grup, yakni Spanyol (94.141 poin), Jerman (73.355), Inggris (69.105), dan Italia (66.832). Dengan begitu, peringkat ketiga dan keempat dari empat negara tersebut tidak perlu melewati babak kualifikasi atau play off.

UEFA mengonfirmasi regulasi baru tersebut akan berlaku dua musim mendatang. Hal ini sebagai bagian dari proses reformasi kompetisi antarklub tertinggi di Benua Biru. Perubahan tersebut disampaikan dalam sesi konferensi pers UEFA yang digelar di Monaco pada 2016.

Sekretaris Jenderal interim UEFA, Theodore Theodoridis mengatakan, evolusi kompetisi antarklub UEFA adalah hasil konsultasi luas yang melibatkan seluruh pemangku kepentingan dan melibatkan berbagai keahlian dan perspektif.

"Perubahan yang dibuat akan terus memastikan proses kualifikasi benar-benar berdasarkan prestasi olahraga, dan adalah hak seluruh asosiasi serta klub untuk dapat berkompetisi di turnamen antarklub terelit Eropa bisa bersatu dalam konsep solidaritas dan persaingan yang adil,” ujar Theodore seperti dilansir dari laman UEFA.
 
Sekadar diketahui, UEFA menerapkan hal tersebut demi mengantisipasi pemberontakan yang dilakukan klub-klub kuat Eropa. Sebelumnya, karena kecewa dengan berkurangnya slot buat liga-liga besar Eropa, klub-klub kuat Benua Biru berencana membuat Liga Champions tandingan.

Tak ingin hal itu terjadi, UEFA langsung merevisi peraturan yang ada saat ini. Sekadar informasi, tak semua klub yang finis empat besar yang mentas di empat liga besar Eropa langsung lolos ke fase grup Liga Champions.

Liga Spanyol yang memiliki koefisien tertinggi hanya meloloskan tiga wakil otomatis ke fase grup, sementara penghuni posisi empat harus menjalani playoff. Hal yang sama juga dirasakan Liga Jerman dan Liga Inggris yang saat ini menduduki posisi dua serta tiga koefisien Eropa.

Sementara itu, Liga Italia yang menempati posisi empat, hanya meloloskan dua wakil otomatis dan penghuni posisi tiga harus melewati playoff terlebih dulu. Presiden UEFA sebelumnya, Michel Platini, merupakan sosok pembuat kebijakan di atas. Platini ingin melibatkan tim-tim kecil Eropa ambil bagian di Liga Champions dan hal tersebut mengurangi slot untuk klub-klub kuat Eropa.

UEFA Liga Champions 2016-2017 menjadi musim ke-62 dari turnamen antarklub Eropa ini. Musim 2016-2017 juga merupakan musim yang ke-25 sejak berganti nama dari Piala Champions Eropa ke UEFA Liga Champions. Final musim ini akan digelar di Stadion Millennium Cardiff, Wales.

(ind/bbs)


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews