Antasari Diplot Jadi Jaksa Agung? Ini Kata Presiden Jokowi

Antasari Diplot Jadi Jaksa Agung? Ini Kata Presiden Jokowi

Presiden Jokowi (kiri) dan Antasari Azhar. (foto: istimewa)

BATAMNEWS.CO.ID, Jakarta - Sejumlah kabar beredar mengenai nama Antasari Azhar yang diplot menjadi Jaksa Agung RI menggantikan M Prasetyo. Apa kata Presiden Jokowi?

Presiden Jokowi mengaku dirinya belum mempertimbangkan mantan Ketua KPK Antasari Azhar untuk menjabat sebagai Jaksa Agung.

"Siapapun bisa saja menjadi Jaksa Agung. Tapi sampai sekarang saya belum ada pikiran ke sana," kata Jokowi dalam siaran pers dari Biro Pers, Media dan Informasi Sekretariat Presiden yang diterima Antara di Jakarta, Sabtu (4/2/2017).

Presiden menanggapi wacana yang beredar terkait Antasari yang diisukan akan diangkat sebagai Jaksa Agung, usai membuka Turnamen Sepak Bola Piala Presiden 2017 di Stadion Maguwoharjo, Yogyakarta.

Sejumlah pihak sebelumnya mengusulkan pengangkatan Antasari karena rekam jejaknya yang pernah menjadi Kepala Kejaksaan Negeri Jakarta Selatan.
 
Presiden juga menjelaskan bahwa sampai saat ini dirinya belum memiliki rencana untuk mengganti Jaksa Agung M Prasetyo.

"Sosoknya? Saya kira semua tahu siapa Pak Antasari ya," jelas Jokowi ketika ditanya mengenai kelayakan Antasari untuk diangkat sebagai Jaksa Agung.

Sebelumnya, Ketua Badan Hukum PDIP Junimart Girsang menilai Antasari layak menjadi Jaksa Agung. Junimart mengatakan tidak ada halangan dan larangan bagi Antasari untuk menjadi Jaksa Agung. Namun, pihaknya menyerahkan keputusan untuk menunjuk Antasari menjadi Jaksa Agung kepada Presiden Joko Widodo.

"Saya kira layak, tidak ada hambatan. Tidak ada larangan seseorang terpidana menjadi pembantu presiden, enggak ada larangan itu. Itu menjadi hak prerogatif presiden. Apalagi beliau sudah mendapatkan grasi," kata Junimart di Komplek Parlemen, Senayan, Jakarta, Rabu (1/2/2017).

"Secara profesi tentu beliau mampu untuk itu, secara profesi. Karena beliau dibesarkan di kejaksaan. Beliau terakhir menjadi Direktur Penyidikan Umum di Kejaksaan Agung, dan terakhir menjadi Ketua KPK. Beliau mampu untuk itu," terangnya.

Di struktur internal, PDIP belum memutuskan posisi yang akan diberikan kepada Antasari. Kendati demikian, PDIP tampaknya akan menempatkan Antasari di bidang-bidang terkait hukum. "Ya nanti. Kita belum tahu. Beliau masih kader yang baru. Kita akan melihat di posisi mana beliau yang cocok," jelas dia.

(ind/bbs)

 


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews