Tiga Kawasan Industri di Batam Gagal Dapat Kemudahan

Tiga Kawasan Industri di Batam Gagal Dapat Kemudahan

Kawasan Industri Latrade Tanjunguncang (Foto: Batamnews)

BATAMNEWS.CO.ID, Batam - Empat kawasan industri di Batam mendapat Kemudahan Investasi Langsung Konstruksi (KILK). Namun ada tiga kawasan yang tak lolos.

Kawasan itu sebelumnya sudah diverifikasi Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM). 

Empat yang lolos antara lain Kawasan industri Batamindo, Kawasan Industri Kabil, Bintang Industri dan West Point. 

“Jadi hanya ada 4 kawasan industri yang ditetapkan menjadi kawasan KILK dari 7 kawasan yang diverifikasi," ujar Gusmardi Bustami, Deputi V BP Batam bidang Pelayanan Umum, di gedung Marketing BP Batam, Kamis  (2/2/2017). 

Kawasan yang tidak lolos KILK karena tidak memenuhi persyaratan yang ditetapkan BKPM. Syaratnya, kawasan harus mempunyai manajemen, memiliki luas lahan yang cukup, sudah memiliki Analisis Dampak Lingkungan (Amdal), dan juga legalitas kawasan. 

“Tiga kawasan yang tidak lolos KILK disebabkan tidak memenuhi syarat dari BKPM, seperti kawasan Tunas dan Kawasan Industri Eksekutif yang tidak mempunyai Amdal kemudian Kawasan Industri Latrade yang tidak luas lahan yang ditetapkan," kata Gusmardi. 

Ketua Himpunan Kawasan Industri (HKI) Batam, Oka Simatupang mengaku kecewa dengan hasil yang diberikan BKPM. Pasalnya banyak kawasan industri yang diajukan namun hanya 4 saja yang lolos KILK. 

“Sebetulnya saya kecewa, banyak kawasan industri yang kami ajukan, tapi hanya 4 kawasan saja yang lolos KILK, padahal di Batam ada 24 kawasan industri yang tergabung di HKI," ujar Oka Simatupang. 

 

[ret]


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews