Kapolri: Bahasa Melayu Pemersatu Seluruh Nusantara

Kapolri: Bahasa Melayu Pemersatu Seluruh Nusantara

Kapolri Jenderal Tito Karnavian

BATAMNEWS.CO.ID, Tanjungpinang - Kapolri Jenderal Tito Karnavian menyandang gelar Dato Perdana Satria Wangsa atas penganugrahan dari Sri Paduka Baginda yang dipertuan besar Perhimpunan Agung Zuriat dan Kerabat Kerajaan Riau-Lingga, di Balai Adat Indra Perkasa Pulau Penyengat Indra Sakti, Tanjungpinang, Sabtu (21/1/2017).

Dalam pidatonya dihadapan pembesar Zuriat, Tokoh Adat dan Tokoh Masyarakat di Kepulauan Riau. Tito terkagum-kagum ketika menginjakkan kaki di Pulau Penyengat Indra Sakti, pusat bahasa melayu berasal.

"Ini pertama kali saya menginjakkan kaki di pulau penyengat, tapi sebelumnya ada satu tokoh yang memberikan saya buku tentang kerajaan Riau-Lingga, dari sana saya sangat beruntung, saya merasa mendapat berkah, ternyata kerajaan Riau-Lingga ini, dari Kepualaun Riau, Lingga, Singapura hingga Kesemenanjung Malaysia, sehingga menjadi satu rumpun," ungkapnya.

Menurut Tito, sejarah peradaban melayu sebagai bentuk bangsa pemersatu bahasa, melalui bahasa melayu tercipta. Dari seluruh suku bangsa yang ada di Indonesia, Tito mengatakan bahasa melayu adalah bahasa mempersatu.

"Bahasa melayu pemersatu seluruh nusantara, sebagai pemersatu seluruh suku bangsa di Indonesia," ujarnya.

Disamping itu, dalam pidatonya, Tito juga menyampaikan ungkapan kegembiraan Kapolda Kepri, Irjen Pol Sam Budi atas kenaikan Polda Kepri menjadi Tipe A.

"Kapolda kita sangat gembira sekali, Kapolda bertambah bintangnya satu lagi, dan saya dilayani sangat luar biasa sekali dari semalam sampai saat ini," ucapnya.

Kenaikan Polda Kepri dari Tipe B ke A, disampaikan Tito dianggap perlu, mengingat disamping kebutuhan organisasi, karena daerah Kepri memiliki wilayah sampai ke Natuna, dan daerah rawan konflik.

"Daerah yang diperebutkan banyak negara sangat berbatasan langsung disini. Itu pertimbangan utama untuk naik tipologi," katanya.

Selain itu, pertimbangan dari tokoh tokoh masyarakat yang meminta kepadanya untuk menaikkan Polda Kepri menjadi Tipe A menjadi tannggungjawabnya dalam menyampaikan para yang dipertuah.

"Permintaan dari pak Gubernur Kepri, Nurdin Basirun beberapa kali mengingatkan saya, Pak Menpan RB, Azman Abnur, DPR RI Dwi Ria Latifah juga mengingatkan saya soal menaikkan Tipologi Polda Kepri ini," katanya.

"Kita harus tetap menjaga keamanan negara, ketertiban umum, dan mengabdi kepada bangsa dan negara," tutupnya.

 

(aji)


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews