Gaji Guru dan Honorer Jadi Sorotan di Pengesahan APBD 2017 Pemkab Natuna

Gaji Guru dan Honorer Jadi Sorotan di Pengesahan APBD 2017 Pemkab Natuna

BATAMNEWS.CO.ID, Natuna - Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) Natuna diketok dalam sidang Paripurna di DPRD Natuna, Selasa (17/1/2017) malam. Beberapa pandangan umum fraksi meminta Pemkab serius memperhatikan kesejahteraan guru dan pegawai.

Fraksi-fraksi yang ada di DPRD Natuna yakni Demokrat, Golkar, PAN, PPP, Perjuangan Nurani Rakyat (PNR) dan Gerindra Nasdem (Gernas) sepakat menyetujui RAPBD 2017 disahkan menjadi APBD senilai Rp1,19 triliun.

Juru bicara Fraksi Demokrat Demokrat Henry FN meminta Pemkab segera membayarkan gaji honor guru dan juga memperhatikan kesejahteraan pegawai tidak tetap (PTT).

Fraksi ini juga meminta TAPD Pemkab kedepannya agar lebih cepat dalam penyusunan anggaran agar tidak molor dibahas oleh Banggar DPRD.

"Pemkab harus lebih cepat dalam penyusunan anggaran agar pembahasan tidak molor kedepannya," ujar Henry.

Sementara itu, Harken dari Fraksi PPP menegaskan penyelanggaraan APBD harus transparan dan akuntable. Selain itu, sektor PAD menurutnya perlu digenjot.

"Kami meminta Pemkab serius mendongkrak sektor pajak. Eksekutif dan legislatif harus punya komitmen tinggi, agar pemda tidak terkendala karena keterbatasan anggaran" ungkapnya.

Untuk meningkatkan PAD, fraksi PPP meminta adanya penghimpunan data objek dan subjek pajak.

Senada dengan fraksi Demokrat, PPP juga meminta kesejahteraan guru dan PNS termasuk honorer dan PTT bisa diperhatikan.

Selain itu honor bagi guru swasta juga harusnya jadi prioritas Pemkab dalam menunjang kualitas pendidikan di Kabupaten Natuna.  "Sudah tiga tahun guru swasta tidak pernah dapat honor," ujarnya,

Setelah melalui pembahasan oleh Badan Anggaran (Banggar) DPRD dan Tim Anggarran Pemerintah Daerah (TAPD), APBD Natuna disahkan Rp.1,19 triliun.

Estimasi sebesar Rp. 1,04 trilyun, Pendapatan Asli Daerah (PAD) Rp.74 miliar, dana perimbangan Rp. 834,57 milyar, dan lain-lain pendapatan yang sah sebesar Rp. 131,62 miliar.

Rencana Anggaran Biaya (RAB) 2017 senilai Rp. 1,185 triliun, SILPA 2016 sebesar Rp.150 miliar dengan pengeluaran pembiayaan sebesar Rp5 miliar.


[fox]


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews