Jack Ma: Jangan Sedikit-sedikit Salahkan Cina

Jack Ma: Jangan Sedikit-sedikit Salahkan Cina

Jack Ma (Foto: net)

BATAMNEWS.CO.ID, Swiss - Pendiri Alibaba Group Jack Ma menohok cara berpikir warga Amerika Serikat yang gampang menyalahkan Tiongkok (Cina) ketika dibelit masalah ekonomi di dalam negeri.

Dalam wawancara dengan stasiun televisi CNBC di sela-sela ajang World Economic Forum di Davos, Swiss, Rabu (18/1), Jack Ma mengatakan menimpakan kesalahan kepada Tiongkok akan menjadi kebijakan yang menyesatkan Amerika sendiri.

Presiden terpilih Donald Trump sebelumnya menyatakan tekadnya untuk menerapkan tarif-tarif baru atas impor dari Tiongkok.

"Persoalannya bukan karena negara-negara lain mencuri lapangan pekerjaan dari Anda, sobat," ujarnya.

"Ini soal strategi Anda. Distribusikan uang dan barang dengan cara yang benar."

Menurut pendapatnya, Amerika Serikat telah membuang lebih dari US$ 14 triliun untuk berperang dalam 30 tahun terakhir, bukannya menginvestasikan untuk pembangunan infrastruktur di dalam negeri.

Ma juga mempertanyakan uang yang dihasilkan perusahaan-perusahaan besar AS selama ini.

"Perusahaan-perusahaan multinasional AS telah meraup berjuta-juta dolar dari globalisasi. Dalam 30 tahun terakhir, IBM, Cisco, Microsoft telah menghasilkan puluhan juta -- laba yang mereka dapat jauh lebih banyak dari (uang) empat bank Tiongkok jadi satu. Namun, ke mana perginya uang itu?"

Dia juga mengatakan terlalu banyak dana AS yang mengalir ke Wall Street dan Lembah Silicon, pendidikan tidak bagus, dan distribusi uang tidak berjalan dengan benar.

"Seharusnya Anda menggunakan uang itu untuk rakyat Anda sendiri," kata Ma.

"Tidak semua orang bisa lulus di Harvard, seperti saya," kata Ma, yang sebelumnya mengaku ditolak Harvard hingga 10 kali.

sumber: bertasatu.com

 

[snw]


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews