Puluhan Direktur PDAM se-Indonesia Lihat Pengoperasian SCADA di ATB

 Puluhan Direktur PDAM se-Indonesia Lihat Pengoperasian SCADA di ATB

PT Adhya Tirta Batam (ATB) menerima kunjungan puluhan pimpinan Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) di Indonesia, Selasa (17/1/2017). (foto: isk/batamnews)

BATAMNEWS.CO.ID, Batam - PT Adhya Tirta Batam (ATB) menerima kunjungan puluhan pimpinan dan perwakilan dari Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) yang tergabung dalam Persatuan Perusahaan Air Minum di Indonesia (PERPAMSI), Selasa (17/1/2017).

Kunjungan tersebut, sengaja dilakukan guna melihat secara langsung pengoperasian teknologi Supervisory control And Data Acquisition (SCADA) dan Geographic Information system (GIS) yang ada di Instalasi Pengolahan Air (Mukakuning), Batam.

Hadir pada kesempatan tersebut, Sekretaris Umum DPP PERPAMSi Erlan Hidayat, Direktur Eksekutif PERPAMSI Ashari Mardiono, President Director PT Adhya Tirta Batam (ATB) Ir. Benny Andrianto, MM beserta jajaran Managemen ATB dan tamu undangan.

Sistem yang sudah dibangun sejak tahun 2011 ini, merupakan sistem unggulan yang dikembangkan oleh karyawan ATB secara langsung.

"Untuk saat sistem SCADA dan GIS yang ada di ATB sudah terintegrasi dan terbilang lebih baik dari perusahaan air di Indonesia. Diantaranya Jakarta, Banjarmasin dan Malang," ujar President Director ATB, Ir. Benny Andrianto usai acara.

"Jadi sementara ini ATB masih lebih baik dalam hal pengoptimalisasi sistem SCADA dan GIS ini. Bahkan untuk beberapa negara di Luar Negeri, ATB masih lebih baik. Diantaranya Kota Manila, Philipina yang masih fokus pada Produksi," kata Benny.
 
Ia menambahkan, setelah menggunakan beragam teknologi pendukung, kebocoran air ATB terus menurun. Dan kini, tingkat kebocoran ATB paling rendah bila dibandingkan dengan PDAM besar lain di Indonesia.
 
(isk)


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews