Tim WFQR Lantamal IV Amankan Benda Mirip Torpedo Seberat 300 Kg

 Tim WFQR Lantamal IV Amankan Benda Mirip Torpedo Seberat 300 Kg

Benda mirip torpedo yang ditemukan nelayan di perairan Berakit Bintan. (foto: istimewa/WFQR Lantamal IV)

BATAMNEWS.CO.ID, Tanjungpinang - Tim Western Fleet Quick Response (WFQR) Lantamal IV dibantu nelayan Pegudang Berakit menemukan benda menyerupai Torpedo atau alat deteksi bawah air di perairan Berakit Bintan, Selasa (17/1/2017).

Menurut Danlantamal IV Laksamana Pertama TNI S. Irawan, benda yang ditemukan tersebut belum dapat dipastikan apakah torpedo ataukah alat deteksi bawah air.

Dari pantauan awal benda tersebut mempunyai ciri-ciri panjang kurang lebih 2 meter dengan berat mencapai 300 kg dalam kondisi berkarat, dugaan awal barang temuan tersebut masih dalam kondisi aktif dan berbahaya.

“Menindaklanjuti mengenai benda temuan tersebut, tim WFQR Lantamal IV akan berkoordinasi dan melaporkan perihal temuan tersebut dengan dinas terkait yaitu Dinas Penelitian dan Pengembangan Angkatan Laut (Dislitbangal) di Jakarta untuk mengetahui secara pasti perihal benda tersebut antara lain mengenai negara manakah yang memproduksi dan mengoperasikannya,” ujar Danlantamal IV Laksma TNI S. Irawan dalam siaran pers yang diterima Batamnews.co.id, Selasa (17/1/2017) sore.

“Untuk alasan keamanan dan keselamatan, sampai dengan saat ini masyarakat setempat tidak diijinkan untuk mendekati benda asing mirip torpedo tersebut. Tim WFQR Lantamal IV belum bisa memastikan apakah benda tersebut merupakan torpedo sisa perang dunia ke II ataukah alat deteksi bawah air yang terbawa arus laut dan masuk ke wilayah perairan Indonesia,” jelas Irawan.

Untuk itu, Danlantamal IV memerintahkan jajaran Pos Angkatan Laut  (Posal) Berakit dibantu personel tim WFQR Lantamal IV untuk mengamankan area penyimpanan benda tersebut, dan direncanakan benda tersebut akan dibawa ke Dinas Penelitian dan Pengembangan TNI AL di Jakarta guna mengetahui secara jelas benda temuan tersebut.

(isk)

 


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews