Hanya Korsleting Listrik, Dirjen Perhubungan Bantah KN Andara Terbakar

Hanya Korsleting Listrik, Dirjen Perhubungan Bantah KN Andara Terbakar

Kapal KN Andara yang mengalami korsleting listrik di pelabuhan Ditjen Perhubungan di Bintan (Foto: Batamnews)

BATAMNEWS.CO.ID, Bintan - Kasubdit Armada Dan Pangkalan Armada Navigasi Dirjen Perhubungan Laut pusat, Zainal Abidin membantah terbakarnya Kapal Negara (KN) Andara, Senin (9/10/2017) di dermaga Distrik Navigasi Kelas 1 Tanjungpinang, Sei Walang, Kijang, Kabupaten Bintan.

Berdasarkan hasil penyelidikan dan identifikasi titik api sehingga membuat kapal dipenuhi asap. Ia menjelaskan, hal itu diduga disebabkan arus pendek dari genset.

"Bukan terbakar, kalau terbakar pasti kapal sudah habis, itu karena korsleting listrik, dan dari kita lihat tituik api hanya di dalam satu ruang kamar ABK kapal, dan murni korsleting," kata Zainal kepada beberapa wartawan, Rabu (11/1/2017).

Kepala Distrik Navigasi Kelas I Tanjungpinang, Raymond Sianturi mengatakan, KN Andara masih utuh.

"Saya mau memberikan koreksi, bukan kapal terbakat karena kapal kita masih utuh di situ. Awal kejadian timbul api di atas kapal, berdampak ke ruang akomodasi  atau kamar tidur ABK diatas kapal," kata Raymond.

"Kapal dengan sistem pengamanan, kapal sudah tersedia dengan emergency plant, dalam waktu setengah jam api sudah dipadamkan, berkat bantun seluruh anggota, saya berikan penghargaan kepada semuanya," katanya.

Raymond menjelaskan, KN Andara merupakan satu dari 10 kapal navigasi yang ditugaskan menyuplai logistik di 25 mercusuar di wilayah kerja Distrik Navigasi Kelas I Tanjungpinang.

Kapal yang diproduksi dari Semarang tahun 1998 itu memiliki 15 kamar ABK, satu dapur dan ruang kendali. Dalam operasinya per triwulan, KN Andara digrakkan dengan tenaga mesin berbahan bakar solar dengan berat 150 ton.

"Untuk sementara KN Andara akan diganti dengan KN Jadayat," tutupnya.


[aji]


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews