Bupati Apri Sujadi Berdalih Buang Honorer Luar Bintan Gara-gara Ini

Bupati Apri Sujadi Berdalih Buang Honorer Luar Bintan Gara-gara Ini

Bupati Bintan Apri Sujadi (Foto: Pemkab Bintan)

BATAMNEWS.CO.ID, Bintan - Bupati Kabupaten Bintan, Apri Sujadi, buka suara soal tudingan primodialisme di lingkungan Pemerintah Kabupaten Bintan. Pasalnya, Apri melalui kebijakan, hanya menerima tenaga honorer atau non PNS yang berdomisili di Bintan.

Sedangkan pegawai honorer yang berdomisili di luar Bintan, seperti di Tanjungpinang, terpaksa “dibuang” atau tidak lagi diterima sebagai tenaga honorer.

Pelamar dari luar Bintan pada umumnya gugur di seleksi administrasi.

Apri punya alasan tersendiri soal hal tersebut. Menurutnya, hal itu mengingat anggaran dan efisiensi waktu.

"Yang pertama kalau kita (Pemkab Bintan) terima pegawai non PNS Bintan itu bertempat tinggal di Tanjungpinang, itu kan jauh jaraknya, lagian gajinya kecil cuma Rp 1,2 juta per bulan, maka kita berdayakan yang berdomisili di Bintan," kata Apri saat diwawancarai batamnews.co.id di Bandar Sri Bentan, Selasa (3/1/2017).

Apri mengatakan, ia hanya melanjutkan kebijakan bupati sebelumnya, yang mengharuskan pelamar berdomisili di Bintan.

"Aturannya mengacu pada Undang-Undang (UU) Nomor 5 Tahun 2014 tentang ASN dan Peraturan Bupati (Perbup) Nomor 29 tahun 2016 tentang perubahan atas Perbub Nomor 1 tahun 2011 tentang pedoman tenaga honorer di lingkungan Pemkab Bintan," kata Apri menjelaskan solisi untuk mereka yang tidak lulus seleksi.

Bagi mereka yang tidak lulus dan tidak dapat direkrut kembali, atau diperpanjang kontraknya meskipun sudah lama mengabdi, dan memiliki skill yang memumpuni di bidang pemerintahan, Apri punya solusi.

Kata Apri, berdasarkan persetujuan Presiden RI, Joko Widodo, Pemkab Bintan tengah mengatur pembukaan lahan Kawasan Ekonomi Khusus seluas 2.950 hektare, pada bulan Febuari 2017. Kawasan tersebut kata Apri dipergunakan untuk pembangunan pusat industri di daerah Kalang Batang, Bintan Timur.

"Dan ini menjadi salah satu fokus kita saat ini untuk membantu membuka lapangan pekerjaan di Bintan, upaya kita untuk membantu masyarakat," ujar dia.

 

[snw]


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews