Alasan Ritual Rossi Selalu Tonton Start Moto3 di Pit Wall

Alasan Ritual Rossi Selalu Tonton Start Moto3 di Pit Wall

Valentino Rossi (foto : ist/net)

BATAMNEWS.CO.ID - Valentino Rossi ternyata memiliki kebiasaan menonton start Moto3 di setiap pekan balap dari pit wall sirkuit penyelenggara.  

Banyak spekulasi bermunculan soal apa yang sejatinya dilihat, ditonton dan diperhatikan oleh The Doctor. Jadi, sebenarnya apa ya yang dilakukannya?

Usai menjalani sesi pemanasan pada hari Minggu pagi, sembilan kali juara dunia ini akan pergi ke pit wall untuk menonton start Moto3. 

Biasanya ia berkumpul dengan rider-rider MotoGP dan Moto2 yang melakukan kegiatan serupa, seperti Aleix Espargaro dan Sandro Cortese. Kebiasaan Rossi ini bahkan hampir selalu diperlihatkan oleh kamera MotoGP.

Valentino Rossi di pit wall sirkuit penyelenggara (foto : ist/net)

Beberapa pihak berpendapat bahwa Rossi hanya ingin mengamati persiapan anak-anak didiknya dari VR46 Riders Academy. Tapi jika diingat-ingat lagi, Rossi bahkan sudah melakukan ritual wajib ini sejak lama, bahkan jauh sebelum ia membentuk VR46 Riders Academy pada akhir 2013.

Belakangan, Rossi pun mengungkapkan alasan ritual ini kepada Radio Deejay. "Saya selalu menonton start Moto3 dari pit wall. Saya punya beberapa rider di sana. Tapi ini bukan alasan satu-satunya. Ketika pergi ke pit wall, Anda akan mulai mencium "bau" starting grid dan apa yang akan Anda lalui dalam beberapa jam kemudian," ujarnya.

The Doctor bahkan memperhatikan secara detail tingkah laku para petugas trek yang bekerja di area grid.

"Ini juga merupakan kesempatan untuk melihat mood para marshal yang berperan menyalakan lampu start dan mengibarkan bendera start/finis. Ia akan menyalakan lampu dalam 2-5 detik. Jadi Anda akan tahu gerak-gerik tangannya," tuturnya.

"Anda juga bisa mempelajari orang yang memegang bendera merah di depan grid, dan berapa lama sampai ia meninggalkan grid. Di antara bendera merah dan matinya lampu, ada rentetan aksi yang harus Anda lakukan, seperti menarik clutch, memilih gigi dan lainnya. Jadi detik-detik ini sangatlah krusial," pungkasnya.

Wah, ternyata "dalam" juga ya penjelasan Rossi ini, Bolaneters!

 

(is/Otosia)


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews