Artis Yana Zein Hampir Ditahan RS karena Tak Bisa Bayar

Artis Yana Zein Hampir Ditahan RS karena Tak Bisa Bayar

Yana Zein dan dua anaknya di rumah sakit. (foto: ist/viva)

BATAMNEWS.CO.ID, Jakarta - Aktris senior Yana Zain jatuh bangun dalam perjuangannya melawan kanker payudara yang kini sudah masuk ke stadium empat. Yana menemui berbagai cobaan, salah satunya masalah keuangan.

Ia hampir ditahan di sebuah rumah sakit sebelumnya karena tidak bisa menyelesaikan pembayaran. 

"Saya dirawat selama 2,5 bulan. Saya hampir enggak boleh pulang," ucap Yana saat ditemui di sebuah rumah sakit di kawasan TB Simatupang, Jakarta Selatan, Selasa malam, 28 Desember 2016.

Beruntung, saat itu rekan sesama artis, Ayu Azhari mencarikan bantuan untuk Yana. Perjuangannya tak berhenti sampai di situ. Dengan keadaan sesak napas dan kaki serta tangan bengkak, Yana perlu mendapat pertolongan lebih lanjut.

Jika menggunakan BPJS, dia harus menunggu waktu yang cukup lama, sementara kesehatan tubuhnya saat itu tidak bisa dikompromi. Dengan keadaan uang seadanya, Yana memutuskan untuk dirawat.  

"Saya enggak sanggup karena antre dokter BPJS bisa selama satu bulan. Sementara saya harus segera dapat penanganan untuk radiasi. Akhirnya saya pakai biaya sendiri," katanya.

Bahkan, kedua anaknya harus rela putus sekolah karena Yana tak sanggup lagi membiayai. "Saya enggak bisa bekerja, di rumah sudah jual apa yang bisa kita jual, jual koran, buku anak sekolah," ucap Yana.

Bintang sinetron Cinta di Langit Taj Mahal itu sudah satu tahun tidak bekerja dan belum lama ditinggal suami.

Kartu BPJS yang awalnya bisa digunakan kini sudah tidak lagi. Karena itu, dia harus menanggung pengobatan sendiri, sehingga harus pinjam uang hingga jual barang.

"BPJS awalnya bisa, tapi kemudian hang. Sekarang mobil sudah enggak ada, perhiasan semuanya, sampai kursi-kursi. Kita sampai minjem," ucap Yana sambil menitikkan air mata.

Kini Yana mengharap uluran tangan dari pihak lain. Dia membuka donasi dan diumumkan di beberapa media sosial, salah satunya dalam akun Nafa Urbach di Instagram.

Hal itu dilakukan lantaran dia sudah tak tahu harus mencari bantuan, sehingga hanya mengharap kemurahan hati sesama.

"Saya di sini baru lima hari sudah habis Rp 15 juta, kamar harusnya Rp 200 ribu per hari, tapi obat-obatan sekarang enggak murah," ujarnya dilansir viva.co.id.

(ind)


Komentar Via Facebook :

Berita Terkait

close

Aplikasi Android Batamnews