Imigrasi Sebut Tenaga Kerja Asal Cina Mencapai 31 Ribu Orang

Imigrasi Sebut Tenaga Kerja Asal Cina Mencapai 31 Ribu Orang

Dirjen Imigrasi Ronny F. Sompie (foto : ist/Jawa Pos)

BATAMNEWS.CO.ID, Jakarta - Jumlah tenaga kerja asing asal Cina saat ini mencapai 31.030 orang. Jumlah tersebut total warga negara asing yang menjadi tenaga kerja di Indonesia yang berjumlah 160.865 orang.

Hal ini dikatakan oleh Direktur Jenderal Imigrasi Kementerian Hukum dan HAM Ronny F. Sompie. "Keseluruhan jumlah tersebut izin tinggal 160.865 ribu. Di antara itu ada 31 ribu berasal dari Cina," kata Ronny di Warung Daun, Jakarta seperti dilansir Tempo.co, Sabtu (24/12/2016).

Ronny mengatakan, pihaknya juga telah mendeportasi ribuan tenaga kerja asal Cina lantaran terlibat pelanggaran administrasi. 

"Ada 1.837 orang asing yang sudah kita tolak, khususnya berasal dari Cina. Keseluruhan terdapat 7.887 tenaga kerja asing sudah dideportasi," ujarnya.

Hingga 18 Desember 2016, kata Ronny, terdapat 329 warga negara asing yang sudah beperkara terkait dengan izin kerja. "Ada yang sudah diputus dan ada yang masih berproses," ujarnya. Dari 329 berkas perkara itu, ada 126 warga negara Cina.

Sebelumnya, Presiden Joko Widodo membantah isu yang menyebutkan ada jutaan pekerja asal Cina yang masuk ke Indonesia. Ia malah mempertanyakan asal-usul isu tersebut dan besarnya angka pekerja asal Cina. 

Ketua Komisi Ketenagakerjaan Dewan Perwakilan Rakyat Dede Yusuf Macan Effendi mengatakan permasalahan ini sudah muncul sejak Januari 2016. Ia menyatakan ada tren peningkatan tenaga kerja asing yang masuk ke Indonesia. 

"Di pusat dan daerah sangat sedikit pengawasan dan bersinergi dengan berbagai pihak," kata dia. 

Pembukaan peluang masuknya tenaga kerja asing, kata dia, harus disertai dengan penguatan keamanan.

 

Sumber : Tempo.co

[is]


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews