Resmikan Polres Anambas, Wakapolda: Personel Harus Cepat Beradaptasi

Resmikan Polres Anambas, Wakapolda: Personel Harus Cepat Beradaptasi

Acara peresmian Polres Anambas (foto : ist/Humas Polda Kepri)

BATAMNEWS.CO.ID, Anambas - Pada saat peresmian Polres Anambas, Jumat (22/12/2016). Wakapolda Kepri Brigjen Pol Didi Haryono meminta kepada personil yang bertugas agar memperketat pengamanan, mengingat Anambas berada di perairan perbatasan dengan negara tetangga seperti Malaysia dan Vietnam. 

Dalam acara peresmian tersebut, hadir para Pejabat Utama Polda Kepri, Bupati Kabupaten Kepulauan Anambas beserta unsur FKPD Kabupaten Kepulauan Anambas, Tokoh Agama, Tokoh Masyarakat, Tokoh Pemuda dan Lembaga Adat Melayu serta seluruh Masyarakat Kepulauan Anambas, Para Kasatwil jajaran Polda Kepri serta seluruh anggota. 

Dalam amanat Kapolda Kepri yang dibacakan oleh Wakapolda Kepri Brigjen Pol Didi Haryono, menyampaikan terbentuknya Polres Kepulauan Anambas merupakan sebuah kebutuhan untuk terciptanya rasa aman dan kenyamanan, terselenggaranya pemeliharaan keamanan dan ketertiban masyarakat, terlaksananya penegakan hukum dan pelayanan Kepolisian di tengah-tengah masyarakat Kabupaten Kepulauan Anambas. 

"Seperti kita ketahui bersama Kabupaten Kepulauan Anambas merupakan wilayah kepulauan yang terletak pada lintas batas perairan laut dengan beberapa Negara tetangga diantaranya, Malaysia, dan Vietnam," ujar Wakapolda Kepri Brigjen Pol Didi Haryono dalam siaran pers yang diterima batamnews.co.id, Sabtu (23/12/2016).

Kemudian, kata Didi, Kabupaten Anambas memiliki potensi sumber daya alam yang melimpah baik di sektor minyak dan gas serta kelautan.

"Secara tidak langsung akan menimbulkan berbagai macam kerawanan yang terkait dengan stabilitas keamanan dan ketertiban seperti kejahatan narkoba, Illegal Fishing, Illegal Mining, Traficking in Person dengan berbagai modus operandi yang terus berkembang dan canggih serta kegiatan operasional dilakukan dengan menggunakan jaringan sindikat yang terorganisir dan terselubung baik di dalam maupun di luar negeri," kata Didi.

Mencermati berbagai permasalahan dan tuntutan masyarakat pada saat ini, sambungnya, Kapolda berharap Polres Kepulauan Anambas mampu merencanakan berbagai kegiatan dengan skala prioritas yang proaktif dan produktif serta menetapkan program kegiatan kepolisian yang aplikatif dan komprehensif. 

"Guna terselenggaranya fungsi-fungsi kepolisian, mengantisipasi dan menanggulangi beragam potensi gangguan Kamtibmas, agar tidak mengganggu stabilitas keamanan, sehingga diharapkan kepercayaan masyarakat terhadap kinerja Polri akan terwujud," katanya.

"Polres Kepulauan Anambas harus selalu dinamis dan mampu beradaptasi dalam menanggapi segala bentuk gangguan keamanan dan tindak kriminalitas guna terciptanya keamanan ketertiban masyarakat," ujarnya.

Sambungnya, saat ini Polri telah menerapkan 11 program optimalisasi aksi menuju Polri yang semakin Profesional, Modern dan Terpercaya (Promoter), diperlukan dukungan penuh dan tindakan nyata dari semua pihak agar implementasi program dapat dijalankan secara sungguh-sungguh dengan hasil yang lebih optimal.  

"Untuk personel Polres Anambas yang baru agar secepatnya menyesuaikan diri dengan situasi wilayah, beradaptasi dengan masyarakat, lingkungan, adat dan budaya sekitar segera bersosialisasi dan menyatu dengan masyarakat Kepulauan Anambas agar pelaksanaan tugas-tugas kepolisian dapat berjalan dengan baik dan lancar," tutup Didi.

 

[is]


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews