Hindari 5 Kesalahan Ini Setelah Berolahraga

Hindari 5 Kesalahan Ini Setelah Berolahraga

Ilustrasi (foto : ist/net)

BATAMNEWS.CO.ID - Berolahraga hal yang harus dilakukan untuk menjaga tubuh agar tetap bugar. Namun, banyak orang setelah berolahraga justru membuat tubuhnya sakit-sakitan dan berat badan bertambah.

Olahraga memiliki dampak besar pada tubuh Anda.

Menurut pelatih olahraga Julius Jamison dari New York Health and Racquet Club, mulai dari makanan yang dikonsumsi hingga waktu istirahat setelah olahraga, semuanya berdampak pada cara tubuh Anda memperbaiki diri dan juga tumbuh.

Ada lima kesalahan setelah olahraga yang biasa dilakukan, mungkin termasuk sering Anda lakukan seperti berikut, dilansir dari laman Rodalewellness, Rabu (23/11/2016)

1. Lupa minum air

Lupa memenuhi kebutuhan cairan tubuh ketika tengah sibuk angkat beban seringkali terjadi. Padahal, minum banyak air setelah olahraga sangat penting dilakukan. Menurut pelatih Rebecca Kennedy, Anda membutuhkan air untuk mengisi tingkat glikogen dan mengganti elektrolit, yang membantu tubuh untuk memulihkan diri seusai mengeluarkan banyak keringat saat olahraga.

2. Makan makanan berlemak

Lemak dapat memperlambat proses pencernaan, sehingga hindari konsumsi makanan berlemak setelah berolahraga. Ini karena setelah olahraga Anda membutuhkan makanan yang dapat bergerak cepat memasuki aliran darah dan sel-sel. Sehingga, tubuh dapat mengembalikan energi dengan cepat. Perbanyak asupan protein berkualitas dan karbohidrat untuk memberi makan otot-otot Anda.

3. Duduk terlalu lama setelah olahraga

Hindari duduk terlalu lama setelah olahraga di pagi hari. Mungkin Anda tidak bisa banyak bergerak saat pekerjaan di kantor menumpuk. Tapi, sangat penting untuk tubuh mendapatkan pemulihan di samping melakukan peregangan. Ini dapat merangsang aliran darah, menghilangkan rasa sakit, memperkuat postur tubuh yang baik dan lainnya.

4. Kurang tidur

Tubuh butuh memulihkan dan membangun kembali segala hal dalam sistemnya saat tidur. Sehingga, tidur sangat penting untuk membantu pemulihan selepas berolahraga dan beraktivitas seharian. Anda pun akan menuai hasil dari olahraga yang dilakukan jika cukup tidur.

5. Tidak melakukan peregangan

Keterbatasan waktu terkadang membuat Anda lupa untuk melakukan peregangan setelah olahraga selama sekitar satu jam. Melakukan peregangan setidaknya 10 detik sangat penting karena dapat menyebabkan keterbatasan Anda dalam bergerak yang bisa membuat tubuh lebih rentan untuk cedera.

 

Sumber : Liputan6.com

[is]


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews