Jumaga Geram Nurdin Tak Kunjung Tunjuk Calon Wagub

Jumaga Geram Nurdin Tak Kunjung Tunjuk Calon Wagub

Ketua DPRD Kepri Jumaga Nadeak (Foto: Batamnews)

BATAMNEWS.CO.ID, Tanjungpinang - Hingga saat ini Gubernur Kepri Nurdin Basirun belum didampingi wakil gubernur. Ada 5 nama calon wagub yang diusulkan partai politik pengusung ke Nurdin beberapa waktu lalu.

Kelima nama tersebut antara lain, Fauzi Bahar, Mustofa Widjaja, Riny Fitrianti, Isdianto, serta Agus Wibowo.

Nurdin nantinya akan memberikan beberapa nama kepada para anggota DPRD untuk menjadi wakilnya. Namun sejauh ini belum ada tanda-tanda mengenai pemilihan tersebut.

”Wakil gubernur bukan ‘ban serap’," kata Ketua DPRD Kepri, Jumaga Nadeak, Kamis (22/11/2016)..

Menurut Jumaga, wakil gubernur bertugas seperti halnya, teman atau istri di rumah tangga.

“Dalam hal ini pemerintahan,” cetusnya.

Politisi PDI Perjuangan ini juga mengatakan pentingnya wakil gubernur mengingat banyak urusan pemerintahan yang menurutnya sangat mendesak,.

Apalagi, menurut Jumaga, Kepri memiliki wilayah pemerintahan yang luas dilihat dari letak geografis yang berbentuk kepulauan.

"Tentu untuk menempih jarak ketika sedang berurusan ke daerah Kabupaten/kota memakan waktu yang sangat jauh. Maka ketika Gubernur memiliki Wakil dapat membagi tugasnya, menggantikanlah, legalitasnya lebih jelas," ujarnya

Jumaga memastikan, pentingnya wakil gubernur itu adalah bentuk implementasi Undang-Undang Pilkada Nomor 10 Tahun 2016 dan mengingat pada Undang-Undang Otonomi Daerah Tahun 2014.

"Saya yakinkan Gubernur dipilih masyarakat satu paket, artinya Gubernur dan Walil Gubernur yang dipilih masyarakat untuk menjalanlam amamah. Kalau sendiri bekerja tentu tidak mewakili," imbuh jumaga.

Diketahui hingga saat ini sejumlah partai pengusung Gubernur Kepri, Nurdin Basirun telah mengusung dua pasang bakal calon Wakil Gubernur Kepri untuk mendapingi Nurdin, namun hingga saat ini Nurdin Basirun belum memberilan usulan nama tersebut kepada DPRD Kepri.

"Tidak ada kapasitas DPRD untuk mendesak gubernur mengusung nama, kita masih menunggu, tapi seharusnya sadar," ungkap Jumaga.

 

[aji]


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews