Mengintip Kiprah AHM Selama 60 Tahun di Indonesia

Mengintip Kiprah AHM Selama 60 Tahun di Indonesia

Acara Launching Honda All CBR250RR (foto : ist/Capella)

BATAMNEWS.CO.ID Batam - Selama 60 Tahun berkiprah di Tanah Air, PT Astra Honda Motor (AHM) memiliki segudang prestasi. Prestasi yang diraih tentunya dengan komitmen, pelayanan, kualitas produk dan dedikasi karyawan.

Lahir tahun 1957, AHM senantiasa mendedikasikan karyanya untuk kemajuan bangsa Indonesia, sejalan dengan filosofi perusahaan yang tertera dalam Catur Dharma. Melalui Semangat Astra Terpadu Untuk (SATU) Indonesia, AHM melakukan pendekatan melalui program 4 Pilar CSR (Pendidikan, Kewirausahaan, Lingkungan dan Kesehatan).

Sedikit menyinggung biografi PT Astra Honda Motor. Pada awal berdiri perusahan ini masih mengimpor komponen sepeda motor dari Jepang berupa Complete Knock Down (CKD). Produk pertama yang dirakit yakni S 90 Z, sepeda motor dengan kapasitas mesin 90 cc.

Sebagai salah produsen terbesar sepeda motor di Tanah Air. Nama "Honda" dahulu seakan melekat dibenak setiap orang. Membeli sepeda motor yang disebut hanya "Honda". Padahal yang dibeli merek lain.

Kiprah AHM mulai melejit pada tahun 1997. Dengan moto Irit dan Bandel. AHM mengeluarkan produk andalannya di segmen motor bebek yakni Honda Supra. Honda Supra-X merajai segmen motor bebek di Tanah Air hingga sekarang.

Berkembang di tengah-tengah produsen sepeda motor pesaing lainnya di Indonesia, AHM tetap menjadi unggulan konsumen. Hal ini dibuktikan sengitnya persaingan perkembangan otomotif di Tanah Air.

Sejak tahun 2000-an kapasitas produksi AHM terus meningkat setiap tahunnya. Tercatat, pada tahun 2012, AHM berhasil mencatatkan prestasi tertinggi dalam produksi dengan pencapaian hingga 35 juta unit. Prestasi ini merupakan prestasi yang belum pernah diraih oleh produsen sepeda motor di Indonesia maupun di ASEAN.

Didukung oleh tenaga-tenaga ahli di bidangnya dan melalui 3 pabrik perakitan yang masing-masing berlokasi di Sunter, Jakarta Utara, Pegangsaan Dua, Kelapa Gading dan Cikarang Barat, Bekasi. AHM telah mendistribusikan produknya pada 1.800 showroom penjualan, 7.400 gerai suku cadang serta 600 layanan service atau bengkel AHASS (Astra Honda Authorized Service Station) yang tersebar di seluruh Indonesia. 

Dengan jumlah karyawan 20.000 orang lebih, AHM telah berinovasi dengan menciptakan produk-produk unggulan di kelasnya, antara lain Absolute Revo, BeAT, CBR, New Honda Blade, New Megapro, Scoopy, Spacy Helm in PGM-FI, Supra X, Tiger, Vario, Verza, Honda CB150R, CBR150R dan yang terbaru All New CBR250RR.

Saat ini, AHM mulai merajai segmen motor sport. Segmen motor sport Honda semakin diminati seiring dengan penguasaan pangsa pasar segmen sport pada September 2016 yang mencapai 60 persen melalui penjualan sebesar 31.483 unit. Penguasaan pangsa pasar pada segmen sport ini sekaligus yang tertinggi pada tujuh bulan terakhir sejak AHM menguasai pasar sepeda motor sport Tanah Air.

Berdasarkan data yang diolah dari Asosiasi Industri Sepeda Motor Indonesia (AISI) penjualan sepeda motor nasional pada September 2016 mulai menggeliat dengan membukukan peningkatan penjualan sebesar 5,4 persen dari 527.536 unit pada September 2016 menjadi 555.820 unit. Penjualan sepeda motor Honda meningkat lebih tinggi dari peningkatan pasar motor nasional yaitu tumbuh 8,8 persen dari 388.847 unit pada Agustus 2016 menjadi 423.256 unit pada September 2016. Hal ini mengantarkan AHM memimpin pangsa pasar sepeda motor nasional sebesar 76,1 persen.

Dari rilis yang diterima batamnews.co.id beberapa waktu lalu, General Manager Sales Division PT AHM Thomas Wijaya mengatakan tingginya lonjakan permintaan sepeda motor sport Honda mencerminkan semakin tingginya kepercayaan pecinta motor sport di Tanah Air. Jajaran motor sport Honda ini diharapkan dapat terus menemani gaya hidup dan keseharian konsumen Honda dalam mencapai mimpi-mimpinya.

“Kondisi pasar sepeda motor tahun ini memang masih lebih lemah dibanding tahun sebelumnya, akan tetapi kami melihat animo masyarakat terhadap sepeda motor sport semakin besar. Hal tersebut memberikan kami motivasi untuk selalu menghadirkan produk yang mampu memenuhi kebutuhan pecinta segmen sport di Tanah Air melalui berbagai penyematan teknologi teranyar dan beragam penyempurnaan produk sepeda motor Honda," kata Thomas Wijaya.

 

Acara kompetisi Honda Safety Riding Instructors Competition 2016 di Batam beberapa waktu lalu (foto Iskandar/Batamnews)

 

Kemudian, melalui ajang “The 17th Safety Japan Instructors’ Competition 2016” yang diselenggarakan di Suzuka Circuit Traffic Education Center, Jepang. AHM berhasil memberangkatkan 3 instruktur terpilih yang sudah memenangkan kompetisi di tahap regional dan nasional, menyisihkan 3.030 peserta ajang Astra Honda Safety Riding Instructors Competition (AHSRIC) 2016.

Ketiga instruktur tersebut adalah M. Adi Sucipto, peraih Best of the Best kategori Big Bike, I Gusti Agung Budi Dharma juara kedua kategori Big Bike AHSRIC 2016, dan Dimas Satria Kelana Putra juara pertama katergori Sport AHSRIC 2016. Masing-masing jawara tersebut akan mewakili Indonesia berkompetisi di kelas 750cc, 400cc dan 125cc.

Ketiga pemuda Tanah Air ini bertekad mempersembahkan kebanggaan bagi bangsa menghadapi instruktur-intstruktur terbaik Honda dari 6 negara Asia lainnya seperti Thailand, Taiwan, Vietnam, Singapura, India, dan Malaysia.

Selain itu, salah satu prestasi yang membanggakan datang dari pebalap binaan dari Astra Honda Motor Racing (AHMR). Dimas Ekky dan Andi Gilang mampu bersaing di kompetisi bergengsi Moto3.

Manager Marketing Planning and Analysis PT Astra Honda Motor (AHM), Indraputra mengungkapkan kegigihan Dimas Ekky dan Andi Gilang bertarung dengan para pebalap dari berbagai benua di CEV International Championship merupakan bagian dari upaya kedua putra bangsa ini untuk mempersembahkan kebanggaan tertinggi bagi Indonesia melalui ajang balap bergengsi ini. Prestasi yang dicetak diharapkan akan semakin menguatkan kompetensi balap para pebalap binaan AHM untuk melangkah ke jenjang balap yang lebih tinggi.

“Pertarungan kuat telah berhasil ditunjukkan pebalap Indonesia pada balapan di benua Eropa ini. Kami akan terus mendukung pencapaian prestasi tertinggi para putra bangsa binaan AHM untuk menyelesaikan seluruh seri CEV International Championship dengan pengalaman balap maupun prestasi terbaik yang bisa mereka capai,” ujar Indraputra rilis yang diterima batamnews.co.id belum lama ini.

 

Perkenalan Aplikasi E-Learning di Batam oleh PT Capella Dinamika Nusantara (foto : ist/Capella)

 

Melalui showroom-showroom atau main diler di daerah, AHM juga melakukan kegiatan berbagai program, seperti kontes Service Advisor Nasional yang diadakan di Jakarta 24-26 Agustus 2016 lalu. Kemudian program ini diaplikasikan oleh Showroom lokal. Seperti E-Learning, sistem distribusi untuk materi ajar, product knowledge, teknologi terapan motor Honda melalui portal yang bangun oleh PT Astra Motor Honda.

Hal ini sebagai bentuk tanggungjawab Honda untuk turut berperan serta dalam pengembangan pendidikan. Dimana sekolah SMK KTSM yang telah mengadakan MoU KTSM Honda akan dapat dengan mudah mendownload materi ajar KTSM Honda, Info Product knowledge dan update info teknologi terapan di sepeda motor Honda, tanpa repot-repot lagi mencari dengan cara hard copy dimana program ini sangat efisien dari segi biaya, lokasi dan waktu.

"Sehingga kedepan pihak sekolah lebih cepat dalam transfer ilmu kepada anak didiknya di masing-masing SMK KTSM Honda, dengan ini diharapkan anak-anak SMK KTSM Honda dapat lebih update informasi/materi belajar yang mereka peroleh” ujar Johandi, Service Manager PT Capella Dinamik Nusantara, Kepri main diler di Kepri dalam keterangan pers belum lama ini.

PT Astra Honda Motor sudah melakukan MoU dengan 500 lebih SMK jurusan KTSM di seluruh Indonesia. Adapun SMK yang sudah melakukan MoU dengan Honda di wilayah Kepulauan Riau (Kepri) berjumlah 2 SMK dan menyusul tahun ini ada 1 SMK yaitu SMK N 1 Dabo Singkep.

 

Salam SATU HATI

ISKANDAR


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews