Elektabilitas Ahok Rebound Jadi Trending

Elektabilitas Ahok Rebound Jadi Trending

BATAMNEWS.CO.ID, Jakarta - Lembaga Survei Indonesia (LSI) merilis hasil penelitiannya tentang elektabilitas atau tingkat keterpilihan tiga pasang calon gubernur dan wakil gubernur DKI Jakarta pasca munculnya dugaan penistaan agama. Hasilnya calon gubernur Basuki Tjahaja Purnama (Ahok) yang kini jadi terdakwa kasus penistaan agama tetap unggul atas 2 cagub lainnya.

"Dalam pilihan kepada tiga calon gubernur, Basuki Tjahaja Purnama (Ahok) teratas dengan 32,9 persen, disusul Agus Harimurti Yudhoyono 25,1 persen, dan Anies Baswedan 23,2 persen. Sekitar 18,8 persen menjawab tidak tahu," kata Direktur Eksekutif LSI Kuskridho Ambardi di Hotel Century Park Senayan, Jakarta Pusat, Kamis (15/12/2016).

Tren pilihan kepada calon gubernur sendiri pada bulan Mei sampai Juni 2015 hingga Desember 2016, Ahok sempat turun dari 53,2 persen dan turun ke 27,3 persen pada November 2016, dan naik kembali pada Desember 2016. Sementara itu tren Agus turun dari 27,3 persen pada November 2016 hingga 25,1 persen pada Desember 2016. Tren pilihan Anies sendiri cenderung stabil sejak November hingga Desember 2016.

"Orang menimbang Ahok saat Al-Maidah itu penistaan. Tetapi seiring perkembangan waktu, ada tindakan lainnya seperti informasi dan kinerja dari Ahok sendiri yang menyebabkan tren Ahok kembali meningkat," ujar Kuskridho.

Sementara itu, dalam pilihan kepada pasangan calon gubernur dan wakil gubernur, peta dukungan tidak berubah signifikan. Pasangan Ahok-Djarot Saiful Hidayat unggul dari 2 pasangan calon lainnya.

"Ahok-Djarot mendapatkan 31,8 persen, Agus-Sylviana mendapatkan 26,5 persen, dan Anies-Sandiaga 23,9 persen. Sementara yang tidak tahu 17,8 persen," lanjut Kuskridho.

Tren pilihan Ahok-Djarot sempat turun di angka 26,2 persen pada November 2016 dan meningkat pada Desember 2016. Sementara, tren pilihan Agus-Sylviana sempat di angka 30,4 persen pada November 2016 dan turun pada Desember 2016. Anies-Sandiaga sendiri cenderung stabil dari 24,5 persen pada November 2016 dan 23,9 pada Desember 2016.

"Sudah ada bukti nyata hasil kerjanya merupakan alasan paling menonjol yang melatarbelakangi pilihan. Alasan ini menguat hampir dua kali lipat dibanding sebelumnya. Inikah yang menjadi sebab mengapa elektabilitas Ahok rebound dibanding bulan lalu," papar Kuskridho.

Kuskridho menambahkan dukungan cenderung semakin solid dibandingkan sebelumnya. Dibanding basis pendukung Agus dan Anies, basis massa pendukung Ahok lebih solid.

"Saat ini basis pendukung yang lebih kuat (lebih kecil kemungkinan mengubah pilihannya) tinggal sekitar 17 persen, dari sebelumnya 24 persen," papar Kuskridho.

Jumlah sampel dalam survei ini sebanyak 800 orang. Metode yang digunakan multistage random sampling dengan margin of error lebih kurang 3,5 persen. Responden terpilih diwawancarai lewat tatapan muka. Quality control hasil wawancara dilakukan secara random sebesar 20 persen.

Populasi survei ini seluruh warga negara Indonesia di Provinsi DKI Jakarta yang memiliki hak pilih, yakni mereka yang sudah berumur 17 tahun. Survei dilakukan dari tanggal 3 Desember 2016 sampai 11 Desember 2016.

Topik mengenai elektabilitas Ahok ini pun tengah heboh di jagat Twittter menjadi trending topic urutan pertama.

sumber: detikcom

 

[snw]


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews