Final Piala AFF 2016

Meski Menang, Riedl Belum Puas Permainan Anak Asuhnya

Meski Menang, Riedl Belum Puas Permainan Anak Asuhnya

Timnas Indonesia merayakan gol kedua ke gawang Thailand. (foto: ist/sindo)

BATAMNEWS.CO.ID, Bogor - Indonesia berhasil menang atas Thailand dalam final leg 1 Piala AFF, Rabu 14 Desember 2016, di Stadion Pakansari, dengan skor 2-1. Namun, pelatih Indonesia, Alfred Riedl, masih belum puas dengan permainan anak-anak asuhnya.

Riedl merasa permainan Indonesia tak stabil. Di babak pertama, disebutkan Riedl, Indonesia bermain dengan buruk.

Thailand dengan mudahnya menguasai bola. Mereka juga sangat leluasa melakukan manuver individu dan kombinasi di sektor pertahanan Indonesia.

"Saat itu, mungkin penguasaan bola Thailand sampai 80 persen. Saya merasa kami bermain buruk di babak pertama. Jujur, saya tak menyukainya," ujar Riedl usai laga.

Sempat tertinggal 0-1 di babak pertama, skuat Garuda mampu membalikkan keadaan di babak kedua, dan menutup laga dengan kemenangan 2-1 atas Thailand.

Ya, sebagai tuan rumah, Indonesia coba menekan pertahanan Thailand terlebih dulu. Akan tetapi, serangan skuat Garuda masih monoton dan mudah dibaca tim tamu. Pasalnya, Andik Vermansyah dkk lebih sering menusuk lewat sektor sayap.

Sedang Thailand, tampak lebih sabar menunggu serangan dari Indonesia. Tim tamu sepertinya mencari titik kelemahan tuan rumah. Contohnya terjadi pada menit ke-8 dan 14. Hingga pada akhirnya, pada menit ke-33 The War Elephants memimpin atas skuat Garuda 1-0 via Teerasil Dangda. Ini merupakan gol keenamnya di Piala AFF 2016. Adapun, Andik Vermansyah mengalami kejang otot pada awal laga, dan digantikan Zulham Zamrun.

Pada babak kedua, setelah terus ditekan oleh Thailand. Indonesia malah mampu menceploskan gol penyeimbang via Rizky Pora di menit ke-65. Lima menit berselang, sundulan Hansamu Yama bikin tuan rumah comeback jadi unggul 2-1.

"(Babak kedua) Kami lebih menekan. Lalu, tercipta gol penyeimbang. Saya rasa, di situ momentumnya. Kepercayaan diri meningkat. Akhirnya kami bisa cetak gol kedua," kata Riedl.

Indonesia tak bisa bersenang-senang. Sebab, masih ada leg 2 yang digelar di Rajamangala Stadium, Sabtu 17 Desember 2016 nanti. Thailand hanya butuh kemenangan 1-0 demi mengunci trofi kelima di Piala AFF.

(ind/bbs)


Komentar Via Facebook :

Berita Terkait

close

Aplikasi Android Batamnews