Basarnas: Pencarian Korban dan Puing Pesawat Sky Truck Resmi Dihentikan

Basarnas: Pencarian Korban dan Puing Pesawat Sky Truck Resmi Dihentikan

Ilustrasi. (foto: ist/net)

BATAMNEWS.CO.ID, Batam - Pencarian korban dan puing pesawat Polri jenis M28 Sky Truck yang jatuh di perairan Lingga, Kepulauan Riau pada 3 Desember 2016 lalu resmi dihentikan.

"Pencarian dihentikan (12/12). Pada pencarian hari terakhir ini, beberapa puing pesawat yang ditemukan beberapa hari lalu dibawa untuk diamankan di Satpolair Polres Tanjungpinang," Dir Ops Basarnas Brigjen TNI (Mar) Ivan Ahmad Riski Titus, Senin (12/12/2016) di kantor Satpolair Polres Tanjungpinang.

Puing pesawat dibawa Basarnas dengan menggunakan kapal Tim SAR ke kantor Satpolair Polres Tanjungpinang dan diterima langsung oleh Kapolres Tanjungpinang AKBP Joko Bintoro, didampingi Kepala Basarnas Provinsi Kepri, TNI AL, TNI AU, Kasat Polair Polres Tanjungpinang.

Penyerahan puing pesawat M28 Sky Truck sekaligus menandakan berakhirnya operasi pencarian korban dan puing pesawat.

Dalam evaluasi dan penutupan pencarian pesawat tersebut, Brigjen TNI (MAR) Ivan Titus memaparkan hasil kegiatan selama pencarian yang dilakukan oleh TNI, Polri dan Basarnas.

“Berdasarkan perintah Kapolri kepada Basarnas telah ditambah 3 hari perpanjang masa pencarian. Meskipun terjadi sedikit gangguan karena cuaca yang kurang mendukung bagi penyelam dalam melakukan pencarian serpihan, namun tak mengurung proses pencarian tersebut," kata Ivan.

Hingga hari terakhir, kata Ivan, serpihan yang ditemukan langsung diserahkan kepada Pos Polair Polres Tanjungpinang dan potongan tubuh yang ditemukan langsung diserahkan ke RS Bhayangkara Polda Kepri.

"Meski secara resmi pencarian dan evakuasi dihentikan. Basarnas Kepri, Polri dan instansi terkait lainnya berdasarkan SOP membentuk posko siaga SAR di Basarnas Kepri," ujar Ivan menambahkan.

[isk]


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews