WhatsApp Tunda Blokir Blackberry dan Nokia

WhatsApp Tunda Blokir Blackberry dan Nokia

Ilustrasi. (foto: ist/net)

BATAMNEWS.CO.ID, New York - WhatsApp akan segera memblokir smartphone populer pada tahun 2017. Perusahaan ini telah menetapkan batas waktunya adalah akhir tahun 2016, untuk beberapa layanan tua yang tidak lagi dapat didukung teknologi WhatsApp.

Layanan pesan yang paling populer di dunia  mengatakan bahwa BlackBerry, Nokia dan beberapa ponsel Android akan menghadapi blok permanen dari aplikasi. Kendati demikian WhatsApp memberi waktu hingga pertengahan tahun 2017 bagi pemilik Blackberry dan Nokia untuk beralih ke Android atau Apple smartphone.

WhatsApp sendiri telah ada sejak tahun 2009 dan secara perlahan-lahan telah menambahkan lebih banyak fitur, seperti enkripsi end-to-end dan video call. Karena dukungan cross-platform itu telah menjadi platform messaging yang paling populer di dunia.

Dalam update terbaru untuk blog perusahaan mereka sekarang menyatakan: "Kami akan memperluas dukungan untuk BlackBerry OS, BlackBerry 10, Nokia S40 dan Nokia Symbian S60 hingga 30 Juni 2017." tulis Whatsap dalam blog mereka seperti dirilis dari Daily, Senin (12/12/2016).

Berikut beberapa smartphone yang tidak akan bisa lagi menggunakan fitur WhatsApp tahun 2017:

1. iPhone dan iPad

WhatsApp akan segera berhenti beroperasi pada iPhone 3GS yang merupakan handset generasi kedua yang dirilis pada tahun 2009. Aplikasi messaging ini juga akan berhenti beroperasi pada perangkat yang masih menggunakan sistem di bawah iOS 6.

2. Android

WhatsApp tidak akan beroperasi lagi pada setiap ponsel atau tablet yang masih menjalankan Android 2.1 atau 2.2 setelah akhir tahun ini. Adapun smartphone dengan OS Android Froyo yang kemungkinan besar sudah tidak bisa lagi menggunakan WhatsApp adalah Xiaomi Mi1, ZTE Blade, Sony seri S, C3, C4, E, Go, J, L, M, P, S, XA Ultra dan X Compact. Begitu juga dengan Samsung Galaxy 3, Galaxy 5, Galaxy Ace, Galaxy Mini, Galaxy Star, dan Galaxy W. Lalu ada LG G series, Meizu M9, Huawei Ascend, HTC Desire dan Acer Liquid Metal.

3. Windows Phone

Windows Phone 7 yang dirilis di seluruh dunia pada bulan Oktober 2010 dan bahkan sistem Microsoft sendiri berhenti beroperasi pada tahun 2014 lalu. Tentunya keputusan WhatsApp tidak akan beroperasi pada smartphone jenis itu tidaklah mengejutkan.

4. BlackBerry

WhatsApp di BlackBerry kabarnya memang tidak akan serta merta mati di tahun 2017. Akan tetapi, WhatsApp di BlackBerry OS dan BlackBerry 10 baru benar-benar sudah mati dan tak bisa dipakai lagi mulai Juni 2017 mendatang.

5. Nokia

Sama seperti penggna WhatsApp BlackBerry, pengguna WhatsApp Nokia seri S40 dan Nokia Symbian wajib bersabar karena sesudah 30 Juni 2017 mendatang maka mereka sudah gak bisa lagi berbagi pesan lewat WhatsApp.

(ind/bbs)


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews