Ini Komoditi Penyumbang Inflasi Tertinggi di Kota Batam

Ini Komoditi Penyumbang Inflasi Tertinggi di Kota Batam

BATAMNEWS.CO.ID, Batam - Badan Pusat Statistik Provinsi Kepulauan Riau (BPS Kepri) mencatat sayur mayur sebagai komoditas penyumbang inflasi dominan di Kota Batam. Hal ini berdasarkan data BPS di bulan Desember periode 2012-2015 yang disampaikan Kepala BPS Kepri, Dumangar Hutauruk dalam rapat koordinasi Tim Pengendali Inflasi Daerah (TPID) se-Kepri di Kantor Perwakilan BI Kepri di Batam Centre, Selasa (6/12/2016).

Sayur mayur yang dimaksud Dumangar antara lain bayam, bawang merah, kacang panjang, kangkung, cabai hijau, dan buncis. Selain sayuran, komoditas lain yang juga menjadi penyumbang inflasi dominan adalah bensin, daging ayam ras, cumi-cumi, emas, gula pasir, dan kecap.

"Masing-masing komoditas ini frekuensi munculnya empat kali. Bensin menang nasional tapi bisa kita kawal dengan menjaga suplai. Sementara sayur mayur, ini yang harus kita jaga, supaya inflasi tidak melambung. Mungkin itu bisa kita tanam," ujar Dumangar Hutauruk.

Pada bulan Januari, komoditas yang menjadi penyumbang inflasi juga masih didominasi sayur mayur. Pada periode 2012-2016, komoditas yang muncul hingga lima kali sebagai penyumbang inflasi di Batam yaitu kacang panjang, daging ayam ras, emas, cumi-cumi, kakap merah, kembang kol, cabai hijau, anggur.

"Ini jadi kompas bagi Pemerintah Kota Batam. Berarti ini yang harus dikawal untuk menjaga inflasi di Desember dan Januari nanti," kata Dumangar.

Menurut Dumangar, selain Kota Batam, Kota Tanjungpinang juga menyumbang inflasi yang cukup besar bagi Provinsi Kepri. Namun perbedaannya untuk Tanjungpinang di bulan Desember dan Januari yang harus dikawal adalah harga beras. Oleh karena itu Pemko Tanjungpinang perlu meminta bantuan Bulog untuk memantau harga di pasar.

Dumangar mengatakan inflasi di Batam cenderung tinggi di bulan Juni, Juli, November, dan Desember. Jika pemerintah daerah tidak mencoba untuk mengawalnya, maka inflasi ini tidak akan turun. Caranya dengan menjaga suplai sehingga dapat memenuhi kebutuhan masyarakat dan tidak terjadi pelambungan harga.

"Di Tanjungpinang kurang lebih sama. Malah di Januari cenderung tinggi. Tapi angkanya hampir sama dengan akhir tahun," kata Dumangara.

Kepala BI Perwakilan Kepri menyampaikan bahwa angka Inflasi jangan sampai di angka 4. saat ini angka inflasi kota batam masih pada 3,34 (ytd). 

“Saat ini kita berupaya jangan sampai angka inflasi itu mencapai angka 4, maka perlu bantuan dari berbagai pihak untuk dapat bekerjasama dalam menangani hal tersebut, termasuk juga pengusaha," ujar Gusti Raizal.
 

[ret]


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews