Penyebab Bau Kaki dan Cara Efektif Mengatasinya

Penyebab Bau Kaki dan Cara Efektif Mengatasinya

Ilustrasi. (foto: ist/net)


BATAMNEWS.CO.ID - Bau kaki merupakan salah satu masalah yang kerap dikeluhkan banyak orang, khususnya mereka yang kerap menggunakan sepatu.

Apa penyebab utama kaki bau?

Menurut Lorraine Jones, ahli podiatri ketua Society of Chiropodists and Podiatrists melalui situs WebMD, kaki yang bau umumnya disebabkan karena keringat berlebih yang menjadikan sepatu basah saat dikenakan.

Bakteri di kulit kaki ikut berpindah bersama keringat. Kemudian kurangnya udara membuat bakteri tersebut aktif melakukan proses pembusukan keringat. Muncullah bau tak sedap di bagian yang terbungkus alas kaki.

Apa yang menyebabkan kaki mudah berkeringat?

Tak hanya aktivitas tinggi dan suhu udara yang menyebabkan kelenjar keringat di tubuh aktif. Produksi keringat berlebih bisa disebabkan karena beberapa hal berikut:

1. Ketidakstabilan hormon

Perubahan hormon, biasanya pada wanita hamil dan remaja jug bisa mengakibatkan produksi keringat berlebih.

2. Hiperhidrosis

Hiperhidrosis adalah produksi keringat berlebih yang dipicu karena kondisi stres.

Bagaimana cara mencegah dan mengatasi kaki bau?

Menjaga agar kaki tetap segar sepanjang hari bisa dilakukan dengan beberapa cara berikut:

1. Jangan menggunakan alas kaki yang sama lebih dari dua hari

Bakteri dari keringat yang bersarang di sepatu akan terus berkembangbiak meskipun sepatu sudah tidak dipakai. Jadi, meskipun Anda baru mandi ketika mengenakan sepatu yang sama keesokan harinya, kaki Anda akan jadi bau kembali.

2. Gunakan sepatu kulit atau kanvas
Alas kaki terbuka atau sepatu berbahan kulit dan kanvas akan membuat kulit "bernapas" lebih leluasa. Hal ini juga berfungsi untuk mencegah bakteri dan jamur berkembangbiak lebih cepat.

3. Teh
Kandungan asam yang terkandung dalam teh dipercaya bisa mengurangi keringat. Selain itu, kandungan tersebut juga akan bekerja sebagai antibiotik alami untuk membunuh bakteri pada kaki. Caranya, campur satu liter air panas dengan dua liter air dingin ke dalam baskom dan tuangkan larutan teh ke dalamnya. Rendam kaki selama 30 menit secara rutin.

4. Air garam
Bekerja mengurangi jumlah bakteri pada kaki, air garam akan menjaga kelembapan kulit kaki. Gunakan air hangat yang dituang di ember, larutkan 1 cangkir garam ke dalamnya. Aduk secara merata dan rendam kaki selama 20 menit.

5. Cuka
Ambil air panas yang dicampur cuka. Rendam kaki selama 30 menit secara rutin. Cara ini akan membantu singkirkan bakteri pada kaki.

(ind/bbs)


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews