Kursi Wagub Kepri Kosong, Praktisi Hukum: Masyarakat Nunggu Kepastian

Kursi Wagub Kepri Kosong, Praktisi Hukum: Masyarakat Nunggu Kepastian

Rumbadi Dalle, Praktisi Hukum dan juga Wakil Dekan Fakultas Hukum Universitas Riau Kepulauan (foto : Iskandar/Batamnews)

BATAMNEWS.CO.ID, Batam - Praktisi Hukum, Rumbadi Dalle S.H, M.H mengatakan bahwa kursi Wakil Gubernur (Wagub) Kepri harus segera diisi. Mengingat banyaknya pulau-pulau yang terdapat di wilayah Kepulauan Riau.

Hal ini dikatakannya saat menjadi narasumber acara Talk Show "Ini Kepri" yang digelar oleh Forum Kepemimpinan Mahasiswa (FKM) Kepri di GGI Hotel, Jumat (2/12/2016).

"Di Kepri ini terdapat 2.800 pulau. Jadi, hal ini tidak bisa di perhatikan oleh gubernur sendiri," ujar Rumbadi Dalle.

Berdasarkan Undang-undang Nomor 10 Tahun 2016, tentang pemilihan kepala daerah seperti Gubernur, Wakil Gubernur, Walikota, Wakil Walikota dan Bupati, kekosongan kursi Wagub Kepri ini harus segera diisi.

Menurut Wakil Dekan Fakultas Hukum Universitas Riau Kepulauan (Unrika) ini, memandang Hukum jangan hanya das sollen saja. "Das sein juga penting. Jadi, gubernur bisa saja jalan sendiri," kata Rumbadi.

Karena, kata Rumbadi, tujuan Hukum mencapai ketertiban dan keteraturan yang gilirannya kesejahteraan."Jadi harus ada cepat, partai pendukung memiliki posisi kuat (seharusnya) tuk menentukan," ujar mantan wartawan senior Tempo ini.

Dan yang penting, lanjut Rumbadi, harus dipikirkan bahwa masyarakat menunggu kepastian sehingga roda pemerintahan berjalan dengan baik.

Ketua FKM Kepri Rizki Firmanda mendesak agar Gubernur Kepri Nurdin Basirun segera memilih Wakil Gubernur (Wagub) Kepri yang ideal, terutama memiliki pengetahuan akademisi. 

Menurutnya siapapun yang dipilih nantinya adalah sosok figur yang komunikatif dan paham akan kemaritiman Kepri sebagai negeri kepulauan.

"Kekosongan ini terlalu berlarut-larut, harus segera diisi, karna kita tak ingin ada polemik-polemik atau deal-deal tertentu parpol, sebab tujuan kami (FKM) mengawal dan untuk kepentingan masyarakat Kepri," kata Rizki.

Selain Rumbadi Dalle, acara Talk Show "Ini Kepri" juga dihadiri Akademisi bidang Sospol, Tokoh Agama, Pemuda, LSM dan Mahasiswa dari berbagai kampus di Batam.

Hampir keseluruhan panelis yang hadir sepakat mendorong agar Gubernur Kepri Nurdin Basirun segera memilih wakilnya. Acara diakhiri dengan kesepakatan bersama dengan membubuhkan tandatangan diatas spanduk. 

 

[is]

 


Komentar Via Facebook :

Berita Terkait

close

Aplikasi Android Batamnews