Mendikbud Hapus Ujian Nasional 2017

Mendikbud Hapus Ujian Nasional 2017

Ilustrasi siswa sedang ujian (foto : ist/net)

BATAMNEWS.CO.ID, Jakarta - Mendikbud Muhadjir Effendy memutuskan untuk meniadakan Ujian Nasional (UN) di tahun 2017, keputusan ini tinggal menunggu Instruksi Presiden (Inpres).

Untuk ujian akhir bagi siswa sekolah didesentralisasi. Pelaksanaan ujian akhir bagi siswa SMA-SMK dan sederajatnya diserahkan ke pemerintah provinsi.

Sementara untuk level SMP dan SD sederajatnya diserahkan ke pemerintah kabupaten/kota.

"Dimoratorium, di tahun 2017 ditiadakan," ujar Muhadjir seperti dikutip dari detikcom, Jumat (25/11/2016).

Muhadjir mengatakan, pelaksanaan ujian tetap standard nasional. Badan Standardisasi Nasional akan mengawal, mengontrol, mengendalikan prosesnya. Jadi tidak ada lagi itu supply-supply soal ke daerah dikawal polisi.

Faktor kelulusan siswa akan ditentukan oleh pihak sekolah. Hasil ujian akhir jadi salah satu pertimbangan, bukan jadi satu-satunya faktor penentu kelulusan.

"Saya sudah dipanggil Pak Presiden, sebelum jumatan tadi saya dipanggil. Prinsipnya beliau sudah menyetujui, tinggal menunggu inpres," kata Muhadjir.

Muhadjir mengatakan UN akan kembali digelar jika level pendidikan di Indonesia sudah merata. Sembari memoratorium UN, Kemendikbud akan mengupayakan peningkatan kualitas pendidikan agar merata se-Indonesia.

"Ujian Nasional tetap akan saya lakukan sesuai dengan amanah Mahkamah Agung kalau semua pendidikan di Indonesia sudah bagus. Makanya nanti akan pemetaan saja. Nanti kita lihat apakah perbaikan di 2017 cukup signifikan," ujar Muhadjir.
 

Sumber : Detikcom

[is]


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews