Air Banjir di Batam Bakal Dipasok untuk Air Bersih

Air Banjir di Batam Bakal Dipasok untuk Air Bersih

Banjir parah yang terjadi di Kota Batam beberapa hari lalu (Foto: Ist/Batamnews)

BATAMNEWS.CO.ID, Batam - Banjir parah terjadi di Batam beberapa pekan belakangan. BP Batam menemukan penyebabnya.

Namun BP Batam tak kehilangan akal. Air banjir nantinya bakal dimanfaatkan untuk pasokan air bersih ke waduk-waduk penampungan.

Selain itu juga akan dialirkan ke laut.

"Kita juga akan upayakan pembuatan drainase yang nantinya akan mengalir ke waduk dan bukan ke laut, selain untuk mengatasi banjir, hal ini juga dapat membantu menambah pasokan air bersih di Batam," kata Robert M. Sianipar, Anggota 4/Deputi Bidang Pengusahaan Sarana Lainnya Badan Pengusahaan Kawasan Perdagangan Bebas dan Pelabuhan Bebas Batam di ruang Marketing BP Batam, Kamis (24/11/2016).

Robert juga menyampaikan bahwa BP Batam akan menerapkan sistem drainase seperti di Singapura. Sistem tersebut dijelaskan bahwa air dalam drainase-drainase nantinya mengalir menuju waduk-waduk di Batam.

Salah satunya akibat permukiman penduduk yang kian padat. BP Batam pun mengaku harus menyesuaikan kembali untuk memperbaiki dan menambah titik drainase.

"Memang salah satu faktor yang menyebabkan banjir salah satunya pemukiman di Batam yang semakin padat, hal ini yang membuat drainase kita tahun depan harus disurvei kembali untuk menyesuaikan kemampuan drainase dalam menampung air hujan," ujar Purba.

Selain mengenai pemukiman, penyebab banjir juga adalah pekerjaan-pekerjaan pengembang yang tidak memperhatikan lingkungan, seperti membiarkan saja sampah sisa proyek yang menyumbat air menuju laut, lalu adanya sedimentasi akibat pekerjaan cut and fill (pematangan lahan).

Batam hanya dapat memanfaatkan air hujan untuk kebutuhan masyarakat karena struktur tanah di Batam sebagian besar adalah bauksit sehingga sulit memperoleh air tanah. 

 

[snw]


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews