Ini Aplikasi Medsos Paling "Rakus" Baterai Android

Ini Aplikasi Medsos Paling "Rakus" Baterai Android

Ilustrasi. (foto: ist/net)

BATAMNEWS.CO.ID - Aplikasi Facebook untuk Android terus mendapatkan kritikan dari penggunanya. Banyak pihak mengeluh tentang masalah eksekusi dan menyedot baterai akibat menggunakan layanan media sosial satu ini. Tahun lalu, petugas barang pusat Facebook, Chris Cox, membuat langkah mengejutkan, membuat stafnya membuang iPhone mereka dan pindah ke Android.

Tidak hanya itu, blogger Android, Russel Holly memutuskan "membuang" aplikasi tersebut dan menemukan sesuatu yang menarik dari hasil ini. Holly mengungkapkan, daya tahan baterai Android miliknya lebih baik tanpa Facebook.

Klien Reddit pbrandes_eth mencoba hal itu terhadap LG G4. Mereka menemukan bahwa ketika aplikasi Facebook dan Facebook Messenger dihapus, aplikasi lain pada smartphone diluncurkan 15% lebih cepat.

Mereka menguji 15 aplikasi terpisah dan mendokumentasikan temuan mereka yang mengarah pengguna reddit untuk menguji dengan perangkat lain. Mereka menemukan hasil yang sama ketika pengujian untuk kinerja pemuatan aplikasi.

Ketika dicoba hal yang sama pada Huawei Nexus 6P, daya tahan baterai justru meningkat 20%. Dan saat aplikasi itu masih ada pada smartphone, pengurasan daya tahan baterai akan tetap terjadi, meskipun Facebook tidak sering digunakan.

Ternyata administrasi Android lainnya termasuk kerangka Android dan Android OS menunjukkan, pemanfaatan baterai berkurang ketika aplikasi Facebook telah dihapus. Dengan cara ini, menghapus aplikasi Facebook membuat suku cadang baterai semakin baik dan mempercepat kinerja ponsel Android.

Sebagai alternatif, gunakan Facebook melalui Chrome pada ponsel Android. Semua percakapan dan berbagai fitur lainnya, bahkan di latar belakang pun akan sama. Artinya pengguna masih bisa mendapatkan pengalaman yang sama seperti menggunakan Facebook dalam bentuk aplikasi.

Sementara itu, seorang wakil Facebook mengakui sudah mendengar keluhan tersebut.

"Kami telah mendengar laporan dari beberapa orang yang menghadapi masalah kecepatan dari aplikasi Android kami. Kami sedang menyelidiki ini dan akan memperbarui sesering mungkin. Kami fokus pada penyelesaian masalah ini," ungkapnya.

(ind/bbs)


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews