3 Hal Perlu Diperhatikan Saat Mencuci Motor

3 Hal Perlu Diperhatikan Saat Mencuci Motor

Ilustrasi mencuci motor (foto : ist/net)

BATAMNEWS.CO.ID - Punya motor yang bersih tak hanya enak dipandang, namun juga membuat performa motor jadi enteng. Tapi, disaat musim hujan, Anda akan sering mencuci motor.

Di saat mencuci motor, ada sejumlah pantangan yang harus diperhatikan.

Berikut uraiannya sebagaimana dilansir dari Autoevolution, Jumat (18/11/2016):

1. Cuci motor saat mesin masih panas

Air dan panas bukanlah kawan baik. Sebagaimana kita ketahui pada pelajaran fisika dasar bahwa logam akan memuai ketika panas dan akan kembali pada bentuk semula saat dingin. Inilah yang perlu diperhatikan saat mencuci motor.

Dalam buku manual, disarankan bahwa pemilik motor untuk tidak menyiram mesin atau knalpot yang masih panas. Dalam kasus ekstrim, kondisi ini bisa membuat blok mesin retak dan kerusakan pada krom dan lapisan nikel. Sehingga, ketika ingin mencuci, biarkan motor suhu motor dingin.

2. Langsung bersihkan bodi

Mencuci motor memang perkara mudah. Tapi bukan berarti Anda tak paham sektor mana dulu yang harus dibersihkan. Salah-salah motor Anda bisa rusak, misal bodi baret.

Disarankan membersihkan area yang paling kotor terlebih dahulu. Misalnya ban, spakbor, dan bagian detail mesin. Setelah bersih, baru cuci sektor bodi. Alangkah baiknya, bedakan alat pembersih untuk roda dan mesin dengan bodi. Selain itu, disarankan menggunakan sarung tangan ketika mencuci.

3. Semprot rantai dengan air bertekanan

Bagi motor yang memiliki rantai, cuci bersih rantai terlebih dahulu sebelum membersihkan bagian lain.

Kemudian jangan siram rantai menggunakan semprotan air bertekanan. Sebagaimana diketahui rantai memiliki Z-ring, O-ring atau X-ring.

Nah, ring itu dilumasi dengan gemuk ketika rantai dirakit. Apabila disemprot air bertekanan memungkinkan gemuk tersebut hilang dan berdampak pada performa rantai.

Untuk membersihkan ini, gunakanlah produk khusus yang dirancang untuk membersihkan rantai. Kemudian jangan pula menggunakan sabun ketika membersihkan.

 

(is/liputan6)


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews