Jarak Pandang Terganggu Saat Hujan Deras, Waspadai Hal Ini

Jarak Pandang Terganggu Saat Hujan Deras, Waspadai Hal Ini

Ilustrasi berkendara saat hujan deras (foto : ist/net)

BATAMNEWS.CO.ID - Saat musim hujan, pengedara harus berhati-hati dalam mengatur lajunya kecepatan. Apalagi di saat hujan deras, jarak pandang terbatas, dan sejumlah bahaya mengancam diri Anda.

"Pengendara harus waspada dengan lingkungan di depan, belakang, juga samping. Karena saat berkendara di kondisi hujan lebat banyak hanya yang mengancam," kata Jusri Pulubuhu, pendiri Jakarta Defensive Driving Consulting (JDDC) seperti dilansir liputan6.com.

Apabila harus berkendara di kondisi hujan deras. Jusri mengatakan, pengendara perlu memahami konsep see and to be seen.

"Kita bukan hanya harus melihat tapi juga harus terlihat oleh pengendara lain. Oleh karena itu lampu-lampu kendaraan saat penting," kata dia.

Jarak pandang minimal saat berkendara saat hujan lebat, pengendara harus bisa memperhitungkan jarak yang ideal ketika harus bereaksi.

"Kalau Anda berbicara soal jarak, ini harus meliputi reaksi manusia dan mekanikal (ketika harus banting setir atau fungsi rem)."

Bila pada berkendara normal, Jusri menyebut ada teori dua detik. Di mana satu detik untuk reaksi manusia dan setengah detik untuk fungsi mekanis pada kendaraan.

"Normalnya memang dua detik. Tapi itu dalam kondisi ideal ketika badai hujan lebat, logikannya jarak detik harus ditambahkan tiga detik," imbuh dia.

Ia menyarankan kendalikan laju kendaraan ketika berkendara saat hujan. Ketika visibilitas makin buruk segera kurangi kecepatan.

 

[is]


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews