Google: Konsumen Belanja Online Indonesia Meningkat, Tapi..

Google: Konsumen Belanja Online Indonesia Meningkat, Tapi..

Ilustrasi Belanja Online (ist/net)

BATAMNEWS.CO.ID - Saat ini belanja online telah menjadi bagian dari gaya hidup masyarakat urban. Konsumen yang berbelanja online melalui telepon seluler semakin banyak. Menariknya, data temuan Google tersebut menyatakan bahwa kebanyakan mereka tak loyal terhadap brand tertentu.

Berdasarkan data yang dimiliki Google, jumlah penetrasi kepemilikan ponsel pintar di Indonesia terus tumbuh sejak Tahun 2013. Angka kepemilikan naik dari 14 persen pada 2013 menjadi 28 persen pada 2014 kemudian naik lagi menjadi 43 persen pada 2015.

"Para shopper ponsel pintar selalu terbuka mengenai pilihannya," ujar Hengky Prihatna, Industry Head Google Indonesia, di kantor Google, seperti dilansir Tempo.co, Kamis, (17/11/2016).

Hengky mengatakan bahwa sebanyak 87 persen konsumen yang berbelanja online melalui telepon pintar tidak loyal pada brand atau toko online tertentu.

Meski memiliki bayangan untuk membeli suatu barang di toko online tertentu, mereka menyatakan akan berubah pikiran setelah menemukan informasi baru mengenai item yang dicarinya.

"Ibaratnya, mana yang murah akan dipilih," kata Hengky.

Google menyatakan jumlah pengguna ponsel pintar saat ini sekitar 100 juta atau sekitar 43 persen dari keseluruhan jumlah penduduk Indonesia.

Dari jumlah itu, sebanyak 57 persen pengguna ponsel sudah mulai menggunakannya untuk berbelanja online. "Pengguna ponsel di Indonesia mulai melakukan online shopping atau belanja online," ujar Hengky menjelaskan.

Bahkan, jumlah waktu pemakaian ponsel pintar juga meningkat. Pengguna ponsel pintar saat ini menghabiskan waktu sekitar dua jam di perangkat ponsel pintarnya.

Penggunaan ini diketahui terbagi menjadi 68 menit menggunakan browser mobile dan sisanya dihabiskan untuk membuka aplikasi mobile.

Sumber : Tempo.co

[is]


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews