Pemerintah Kembali Turunkan Harga BBM Bulan Ini

Pemerintah Kembali Turunkan Harga BBM Bulan Ini

Antrean kendaraan di SPBU

Jakarta  - Pemerintah kembali berencana menurunkan harga bahan bakar minyak (BBM) pada bulan Februari ini. Namun belum dapat dipastikan berapa besaran penurunannya.

Hal itu diungkapkan Menteri Koordinator Bidang Perekonomian, Sofyan Djalil, di kantornya, Jalan Lapangan Banteng, Jakarta, Sabtu (31/1/2015).

Kepastian itu diungkapkan Sofyan setelah memperkirakan harga minyak dunia terus menurun dan tidak naik. Hanya saja, kata dia, pemerintah belum bisa memastikan berapa kisaran penurunan harga BBM.

"Insya Allah bulan depan (Februari 2015), sejauh ini kalau (harga) minyak dunia nggak naik. Berapa penurunannya, ya harus dihitung," ujar Sofyan.

Pria asal Aceh ini lantas membeberkan perhitungan harga BBM, di mana akan berpatokan pada MOPS (Mean of Plats Singapore) atau harga produk jadi BBM di Singapura.

"Nanti perhitungannya adalah penentuan harga rata-rata MOPS tanggal 24-25 bulan sebelumnya sampai 24 bulan berjalan, kemudian rata-rata dolar, ditambah biaya dan lain-lainnya," ungkap Sofyan.

Mengenai ketersediaan BBM di seluruh Indonesia, ia menyerahkan sepenuhnya hal tersebut pada PT Pertamina.

Ia lantas mengatakan, naik turunnya harga BBM ini agar masyarakat terbiasa dengan harga keekonomian.

"Itu kewajiban Pertamina untuk menjamin (ketersediaan) minyak di seluruh Indonesia, maka ditentukan harga. Pokoknya naik turun supaya masyarakat terbiasa dengan harga keekonomian," sebutnya.

Sebelumnya, pemerintah menurunkan harga BBM pada 1 Januari dan 19 Januari 2015. Penurunan harga BBM tersebut setelah harga minyak dunia anjlok.

Komentar Via Facebook :

Berita Terkait

close

Aplikasi Android Batamnews