Pemuda dan Remaja Pulau Kasu Diajari Buat Blog Jualan

Pemuda dan Remaja Pulau Kasu Diajari Buat Blog Jualan

BATAMNEWS.CO.IS, Batam - Sejumlah pemuda dan remaja di Pulau Kasu, Kecamatan Belakangpadang, Batam, siap menjadi pelaku usaha kecil dan menengah.

Persiapan untuk menjadi pelaku usaha itu ditandai dengan pelatihan 100 pemuda dan remaja oleh Karang Taruna bekerja sama dengan Yayasan Embun Pelangi.

"Ini (sudah) kami survey dulu, kita lihat potensi apa yang bisa dihasilkan di Pulau Kasu ini baru kita rancangkan pelatihan yang cocok," ujar Danny Wahyudi, Ketua Karang Taruna kota Batam pada pekan raya di Pulau Kasu, Minggu (13/11/2016).

Ada 4 kelompok yang mengikuti pelatihan pengembangan produk yang bakal dipasarkan. Keempatnya sudah memilik merk dagang sendiri, Ala Kasu, Gaberly Baso Sotong, Ikan Asin Tulen dan Kerupuk Ahoi. 

Pelatihan-pelatihan yang diikuti seperti Tata Boga, Pemasaran, Pembuatan Blog, dan Packing barang.

Selain itu para peserta pelatihan juga turut diberikan modal untuk mengembangkan usahanya.

"Kami dilatih semuanya untuk mempersiapkan produk usaha kami, kami diberi modal sebesar Rp 1,1 juta," ujar Zauri salah satu peserta pelatihan.

Wakil Ketua II DPRD kota Batam, Iman Setiawan yang juga turut hadir pada Pekan Raya tersebut mengatakan pelatihan-pelatuhan ini bisa menjadi wadah pengembangan masayrakat Pulau Kasu.

"Dengan adanya pelatihan ini dapat menjadi pemicu bagi perkembangan masyarakat dan nilai ekonomis dari perolehan Nelayan menjadi lebih tinggi setelah diolah oleh para peserta pelatihan," ujar Iman Setiawan.

 

[ret]


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews