Australia Juara Piala Asia 2015

Australia Juara Piala Asia 2015

Tim Australia juara Piala Asia 2015. (foto:getty)

Sydney - Australia berhasil menjadi juara Piala Asia 2015 berkat kemenangan 2-1 atas Korea Selatan di partai final. Ini menjadi gelar juara Piala Asia pertama untuk The Socceroos.

Dalam pertandingan di Stadium Australia, Sydney, Sabtu (31/1/2015), Australia memimpin lebih dulu di menit-menit akhir babak pertama lewat gol dari Massimo Luongo. Korsel kemudian menyamakan kedudukan di menit-menit akhir babak kedua melalui Son Heung-Min.

James Troisi kemudian menjadi penentu kemenangan Australia lewat gol yang ia ciptakan di menit ke-105 babak perpanjangan waktu. Australia jadi kampiun Piala Asia 2015.

Ini menjadi gelar Piala Asia pertama untuk Australia sejak bergabung dengan Konfederasi Sepakbola Asia (AFC) di tahun 2006. Sementara Korsel, juara 1956 dan 1960, kembali harus rela jadi runner-up untuk kali keempat (1972, 1980, 1988, 2015).
 
"Saat ini saya sulit berkata-kata, saya cuma super bangga ke semua pihak... saya tak bisa lebih gembira lagi. Keberanian yang sudah diperlihatkan para pemain malam ini luar biasa," kata pelatih Australia Ange Postecoglou di news.com.au.

Ini menjadi pengobat tepat rasa kecewa Australia empat tahun lalu saat harus puas jadi runner-up Piala Asia 2011, akibat kalah 0-1 dari Jepang di babak perpanjangan waktu.

Fakta bahwa gelar kali ini diraih saat menjadi tuan rumah untuk kali pertama di Piala Asia turut menambah kegembiraan Postecoglou. "Saya tahu semua orang di penjuru negeri ini akan bangkit dari sofanya dan tak bakal bisa tidur malam ini."

(in/bbs)


Komentar Via Facebook :

Berita Terkait

close

Aplikasi Android Batamnews