Jelang Perpisahan, Lorenzo Dituduh Bocorkan Data Yamaha ke Marquez

Jelang Perpisahan, Lorenzo Dituduh Bocorkan Data Yamaha ke Marquez

Lorenzo dan Marquez. (foto: ist/net)

BATAMNEWS.CO.ID, Valencia - Jelang lomba seri terakhir MotoGP 2016 di Sirkuit Ricardo Tormo, Valencia, Jumat-Minggu (11-13 November) ini. Sebuah laporan menghebohkan datang dari situs diariogol.

Setelah lomba Valencia akan digelar tes pasca musim 2016, yang mana seluruh tim tak terkecuali Yamaha, bakal mengeluarkan motor prototipe terbarunya buat kalender balap 2017.

Tak pelak, Rossi yang masih memiliki kontrak kerja di tim Yamaha hingga akhir 2018. Masih saja menginginkan dirinya secara tidak langsung mendapat status "pembalap utama" tim asal Iwata, Jepang, tersebut. Walaupun pada 2017, Maverick Vinales akan menggantikan kompatriotnya, Jorge Lorenzo, sebagia partner The Doctor di tim itu.

Diariogol mengatakan, Rossi rupanya masih penasaran dan memiliki obsesi yang belum kesampaian yang ingin dicapainya sebelum pensiun.

Obsesi yang masih membuat The Doctor penasaran ialah mengalahkan Marc Marquez di perebutan gelar juara dunia pembalap kelas bergengsi. Dan untuk ketiga kalinya Rossi kalah dari The Baby Alien pada 2016.

Namun, ada satu hal yang membuat Rossi terheran-heran. Mengapa performa motor Yamaha YZR-M1 bisa mandek dari sisi pengembangan usai memenangkan lomba ketujuh musim ini di GP Catalunya. Artinya sudah 10 seri terakhir Yamaha tak lagi berada di podium teratas. Padahal dari tujuh lomba awal musim 2016, Yamaha mendominasi dengan 5 kemenangan berbanding 2 milik Honda.

Tapi pada 10 seri belakangan, Honda berbalik mendominasi dengan raihan 7 kemenangan, disaingi oleh 2 kemenangan Ducati dan satu kemenangan Suzuki. Maka keluarlah kecurigaan dari garasi Rossi. Mengapa motor RC213V telah mengalami kemajuan begitu pesat dan tampil moncer selama periode tadi, tapi Yamaha stagnan?

Kecurigaan utama The Doctor ialah adanya terjadinya kebobolan data-data penting dari garasinya, yang telah dimanfaatkan oleh Honda. Padahal seperti diketahui selama ini kalau Rossi sama sekali tidak mau berbagi garasi, serta data dengan rekan setimnya.

Artinya data-data di garasi Rossi boleh dibilang eksklusif untuk dirinya sendiri. Dia rada pelit berbagi data-data penting seperti telemetri dari motornya walaupun buat rekan setimnya. Tapi mengapa itu bisa sampai bocor ke tangan Honda? Siapa pelakunya?

Beberapa mekanik dari garasi Rossi meyakini kalau data-data penting motor Yamaha YZR-M1 pada awal musim 2016 telah dibocorkan oleh Lorenzo. Pasalnya mereka sama sekali tidak menaruh kepercayaan kepada rider asal Spanyol tersebut, akibat tidak adanya hubungan baik antar mereka dari hasil intensitas persaingan rekan setim selama periode 2008-2010 dan 2013-2016.

Yamaha telah mengakui bahwa pada 2016 tidak mengembangkan lebih jauh mesin motor YZR-M1 milik mereka sejak GP Italia di Sirkuit Mugello (seri ke-6 musim ini), yang mana saat itu Lorenzo memenangkan lomba atas Marquez dari duel akselerasi tikungan lurus terakhir.

Tim Yamaha Factory pun berjanji bahwa Rossi akan memiliki motor revolusioner pada musim 2017, dan juga telah memastikan kebijaksanaan untuk seluruh tim untuk menghindari terjadinya lagi kebocoran informasi yang telah mengganggu The Doctor.

Lalu dari sisi juara dunia 9 kali di berbagai kelas itu, tim mekaniknya juga meyakini hubungan antara Rossi dengan Vinales bakal lebih baik ketimbang relasi Rossi dengan Lorenzo. Sehingga membuat kerjasama tim lebih memungkinkan berlangsung dalam situasi yang jauh lebih santai.

(ind/bbs)


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews