MotoGP 2016 Torehkan Rekor Terburuk Sepanjang Sejarah

MotoGP 2016 Torehkan Rekor Terburuk Sepanjang Sejarah

Sejumlah kecelakaan yang terjadi di ajang MotoGP musim 2016. (foto: ist/sindo)

BATAMNEWS.CO.ID, Valencia - Untuk pertama kalinya dalam sejarah, ajang balapan motor paling bergengsi MotoGP menorehkan catatan terburuk dalam satu musim kalender lomba. Situs motorsport dalam laporan terbarunya memunculkan statistiknya untuk Anda.

Pada kalender lomba musim 2016, MotoGP untuk pertama kalinya mencatat lebih dari 1.000 insiden pembalap terjatuh di lintasan selama akhir pekan pada tiga kelas berbeda. Ini adalah sebuah rekor baru.

Jumlah pastinya musim ini hingga Seri 17 pada MotoGP Malaysia 2016 di Sirkuit Sepang, 30 November silam. Tercatat sudah 1.011 pembalap mencium aspal dan kerikil di area run-out lintasan.

Rapor itu melewati rekor total insiden pembalap terjatuh di lintasan musim lalu, yang jumlahnya mencapai angka 976 kali. Apakah jumlah 1.011 insiden pembalap terjatuh musim ini akan bertambah pada seri terakhir di MotoGP Valencia 2016, Jumat-Minggu (11-13 November) ini?

Banyak yang mengatakan salah satu faktor utama dari banyaknya insiden pembalap terjatuh, disebabkan diperkenalkannya sejumlah aturan teknis baru pada 2016. Misalnya di kelas bergengsi ada penyeragaman peralatan elektronik dan juga hadirnya produsen ban resmi baru, Michelin.

Sejumlah aturan baru tadi menyebabkan setiap tim dan pembalapnya sedang menjalani adaptasi di sepanjang musim ini. Akan tetapi dengan satu seri tersisa musim ini, di kelas Moto3 baru terjadi 388 insiden pembalap terjatuh, masih minus 21 dari jumlah total kejadian musim 2015 (409). Namun di kelas Moto2, jumlah insiden pembalap terjatuh musim ini sudah mencapai 348 kali, hanya defisit 4 lagi dari jumlah total kejadian musim 2015 (352).

Dan yang agak mengerikan ialah di kelas MotoGP. Karena jumlah insiden pembalap terjatuh musim ini (275), sudah jauh melewati total kejadian musim 2015 (215). Apakah jumlah itu akan bertambah lagi di lomba MotoGP Valencia 2016 akhir pekan ini? Lantas siapakah pembalap di kelas bergengsi yang paling sering jatuh musim ini?

Jawabannya ada dua pembalap tim satelit Honda, Cal Crutchlow (LCR) serta Jack Miller (Marc VDS) sebanyak 24 kali. Lalu disusul oleh Marc Marquez dan Esteve Rabat (masing-masing 16 kali). Sedang Valentino Rossi sebenarnya pembalap yang cukup bersih musim ini dari deretan pembalap reguler walau mencatat empat kali terjatuh.  

(ind/bbs)


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews