5 Faktor Real Madrid Belum Terkalahkan di 16 Laga

5 Faktor Real Madrid Belum Terkalahkan di 16 Laga

Pemain Real Madrid. (foto: ist/net)

BATAMNEWS.CO.ID, Madrid - Real Madrid tampil gemilang sepanjang musim 2016/2017. Dari 16 pertandingan resmi yang sudah dilakoni, Madrid belum pernah merasakan kekalahan.

Dari kesempatannya itu, Los Blancos menang 11 kali dan imbang lima kali. Kemenangan terbesar diraih saat menghadapi Cultural Leonesa 27 Oktober 2016 lalu. Tampil pada ajang Copa del Rey, Madrid menang telak 7-1.

Tim asuhan Zinedine Zidane memang belum bertemu lawan tangguh seperti Sevilla, Barcelona atau Atletico Madrid di musim ini. Namun sejumlah hasil positif sekiranya bisa memberi modal kepercayaan diri untuk mengalahkan lawan-lawannya.

Di pentas La Liga, Madrid sedang menghuni singgasana klasemen. Hingga pekan ke-11, Cristiano Ronaldo Cs mampu mengumpulkan 27 poin. Untuk sementara Madrid masih unggul dua angka dari Barcelona.

Sedangkan di Liga Champions Eropa, Madrid ada di urutan dua klasemen grup F. Mereka mengantongi delapan poin, tertinggal dua angka dari Borussia Dortmund. Madrid belum lolos ke babak 16 besar. Namun mereka tetap berpeluang sebab dalam catatan sejarah, Madrid jarang tertinggal di fase penyisihan grup.

Berikut lima kunci sukses El Real di musim 2016/2017:

1. Madrid tidak merombak susunan pemain secara besar-besaran. Seperti diketahui, Madrid hanya memboyong Alvaro Morata dan Sergio Diaz di bursa transfer musim panas 2016 lalu. Sisanya Madrid mengandalkan wajah-wajah lama yang sukses memenangkan Liga Champions 2015/2016.

2. Pelatih Madrid, Zinedine Zidane dianggap lebih pintar dalam melakukan pendekatan pada para pemain. Sebelumnya skuat Los Blancos sempat kehilangan arah saat dilatih oleh Rafael Benitez. Namun Zidane bisa memperbaiki situasi tersebut. Keberadaannya membuat para pemain lebih kompak dan itu diakui oleh Cristiano Ronaldo. "Dia (Zidane) sudah mengenal karakter Real Madrid dengan sangat baik dan itu bagus buat kami. Dia seorang pendengar yang baik, hal ini bernilai positif buat para pemain," ucap Ronaldo yang dilansir Marca beberapa waktu lalu.

3. Lini pertahanan Madrid bekerja lebih solid dari musim sebelumnya. Empat bek utama yakni Dani Carvajal, Pepe, Sergio Ramos dan Marcelo sudah bahu-membahu mengawal benteng pertahanan sejak era pelatih Carlo Ancelotti. Dengan kebersamaan yang terjalin cukup lama, mereka semakin klop ketika menjalankan tugasnya sebagai pemain bertahan. Madrid makin aman sebab pemain pelapis seperti Raphael Varane, Danilo dan Nacho Fernandez mampu tampil sama bagusnya seperti keempat bek utama.

4. Kekompakan juga terlihat di lini tengah. Madrid memiliki gelandang kreatif seperti Luka Modric, Isco, Toni Kroos, Casemiro dan James Rodriguez. Solidnya sektor tersebut makin menjadi sebab Los Blancos punya dua gelandang muda enerjik yakni Marco Asensio dan Mateo Kovacic.

5. Di lini serang, Madrid memiliki trio maut Karim Benzema, Gareth Bale dan Cristiano Ronaldo. Keberadaan ketiganya sudah ditakuti lawan sejak 2013 lalu. Kini lini serang Madrid makin bewarna, sebab Morata sudah kembali dari Juventus dengan kemampuan yang lebih matang. Selain itu Madrid juga memiliki Lucas Vazquez yang pergerakannya sangat lincah ketika menyusuri sisi kanan atau pun kiri dari pertahanan lawan.

(ind/bbs)


Komentar Via Facebook :

Berita Terkait

close

Aplikasi Android Batamnews