Raja Minyak Abu Dhabi Ganti Nama Stadion Santiago Bernabeu

Raja Minyak Abu Dhabi Ganti Nama Stadion Santiago Bernabeu

Stadion Santiago Bernabeu. (foto:ist net)

Madrid - Ekspansi para pengusaha kaya raya asal Timur Tengah ke klub-klub Eropa benar-benar telah menggurita. Tak hanya modal dari klub tersebut yang menjadi kuat, namun juga nama stadion yang merupakan markas klub turut berubah seiring keinginan pemilik modal.

Pada November tahun lalu, Florentino Perez sempat menyatakan nama baru stadion Santiago Bernabeu bisa disebut IPIC atau Cespa, atau apa pun yang diinginkan investor.

Namun, nama baru yang disepakati adalah Abu Dhabi Bernabeu. Pergantian nama ini tidak akan terjadi sebelum renovasi stadion dilakukan.

Presiden Real Madrid, Florentino Perez bersama politisi Lucia Figar dan pihak investor yakni perusahaan minyak International Petroleum Investment Company (IPIC) dan Cepsa, membuat nama stadion Madrid turut berubah.

IPIC sendiri merupakan perusahan yang bermarkas di Abu Dhabi. IPIC dimiliki oleh keluarga raja Abu Dhabi dan perusahaan ini juga memiliki saham di perusahaan minyak Spanyol, Cepsa.

Kesepakatan penggantian nama di kandang Madrid ini dikabarkan berharga 20 juta euro atau sekitar Rp 282 miliar per tahunnya sebagai hak paten sponsorship dan suntikan dana 500 juta euro atau sekitar Rp 7,05 triliun untuk renovasi stadion.

Coca-cola dan Microsoft sebenarnya juga berminat untuk memiliki nama di Bernabeu, tapi kalah bersaing.

Sebelumnya, Arsenal yang nama stadionnya berubah menjadi Emirates Stadium dan Manchester City yang nama stadionnya menjadi Etihad Stadium. Kini, klub flamboyan asal Spanyol, Real Madrid, segera mengikuti jejak dua klub Inggris tersebut.

(in/bbs)


Komentar Via Facebook :

Berita Terkait

close

Aplikasi Android Batamnews