Dovizioso Juara GP Malaysia, Rossi Kunci Posisi Runner-up MotoGP 2016

Dovizioso Juara GP Malaysia, Rossi Kunci Posisi Runner-up MotoGP 2016

Dovizioso dan Rossi. (foto: ist/net)

BATAMNEWS.CO.ID, Sepang - Pebalap Ducati, Andrea Dovizioso, berhasil menjadi kampiun seri ke-17 MotoGP 2016 yang berlangsung di Sirkuit Sepang, Malaysia pada Minggu (30/10/2016) siang WIB. Dovi –sapaan akrab Dovizioso– mencatatkan waktu terbaik 42 menit 27 detik. Sementara posisi dua ditempati Valentino Rossi dan diikuti Jorge Lorenzo di posisi ketiga.

Kemenangan di Malaysia merupakan yang pertama bagi Dovi, setelah sebelumnya terakhir kali memenangi balapan di GP Inggris pada 2009. Sementara finis di posisi dua GP Malaysia membuat Rossi mengunci posisi runner-up MotoGP 2016. Poin 236 yang dimiliki tak mungkin dikejar lagi sang pesaing terdekat, Lorenzo.

Valentino Rossi yang start dari posisi dua memang sempat tercecer ke posisi empat. Namun, The Doctor –julukan Rossi– mampu melewati tiga pembalap di depannya untuk menempati tangga teratas setelah menghabiskan lap pertama.

Akan tetapi, keunggulan Rossi hanya berlangsung satu lap. Sebab, Andrea Iannone yang start dari posisi enam sanggup menyodok ke posisi pertama. Ia melewati Rossi di tikungan 12 sirkuit yang berada di Kota Selangor tersebut.

Juara MotoGP 2015 yakni Jorge Lorenzo memang sempat meimpin balapan di awal-awal lomba. Namun sama seperti sebelumnya, pembalap berjulukan X-Fuera kurang fasih mentas di sirkuit yang digenangi air. Alhasil ia menduduki posisi enam setidaknya hingga empat lap awal.

Balapan berlangsung ketat, di lima pembalap terdepan (Iannone, Rossi, Andrea Dovizioso, Marc Marquez dan Cal Crutchlow). Namun, jarang ada overtake yang melibatkan kelimanya.

Baru pada lap ke-12, Rossi berhasil melewati Iannone untuk merebut posisi pertama. Tak lama berselang, nasib nahas dialami pembalap Tim LCR Honda, Cruthlow. Sedang menduduki posisi empat, rider berpaspor Inggris terjatuh.

Hal yang sama juga dirasakan Marquez dan Iannone satu lap berselang. Berbeda dengan Marquez dan Crutchlow yang masih melanjutkan balapan, Maniac Joe –sapaan akrab Iannone– harus terhenti karena motornya mengalami kerusakan akibat terjatuh.

Pada lap 15, atau empat putaran jelang garis finis, Dovizioso membuat gebrakan. Rider berpaspor Italia sukses melewati Rossi untuk menempati tangga teratas karena Rossi sedikit melebar. Posisi tersebut terus ditempati The Iron Will –julukan Dovizioso– hingga akhir balapan. Sementara posisi dua ditempati Rossi, melengkapi podium ialah Lorenzo.

(ind/bbs)

 


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews