Jokowi Akhirnya Mengaku Tidak Usulkan Nama Budi Gunawan

Jokowi Akhirnya Mengaku Tidak Usulkan Nama Budi Gunawan

Jakarta - Ketua tim independen yang dibentuk untuk kisruh KPK dan Polri, Syafii Maarif, membuka fakta di balik pencalonan Komjen Budi Gunawan sebagai calon tunggal Kapolri yang diajukan Presiden Joko Widodo. Menurut dia, Jokowi tidak pernah mengajukan inisiatif nama Budi Gunawan menjadi Kapolri.

"Jujur, itu sebetulnya pengajuan BG bukan inisiatif Presiden," kata Syafii kepada wartawan usai bertemu Presiden Joko Widodo di Istana Kepresidenan, Rabu (28/1/2015).

Mantan Ketua PP Muhammadiyah itu menyatakan, informasi yang didapatnya ini cukup valid. Namun, saat didesak untuk mengungkap siapa yang mengusulkan nama Budi, pria yang akrab disapa "Buya" itu mengelak.

"Saya tak mau menyebut nama. Itu sudah rahasia umum, Anda harus tahu itu. Saya harus jaga hubungan baik dengan orang-orang itu," kata Syafii.

Menurut dia, saat ini yang menjadi masalah bagi Jokowi adalah diloloskannya Budi Gunawan oleh DPR. Tim independen menginginkan agar Budi mundur sebagai calon kepala Polri. Namun, dia khawatir Budi tidak mau mundur.

"Sekarang persoalannya kalau dia tidak mau mundur? Ya dia nyusun kekuatan," ungkap Syafii.

Seperti diketahui, Presiden Jokowi masih menunda pelantikan Budi Gunawan sebagai kepala Polri setelah Budi ditetapkan sebagai tersangka oleh KPK. Namun, Jokowi juga belum membatalkan pencalonan Budi itu. Presiden Jokowi masih mendengar masukan dari Dewan Pertimbangan Presiden dan juga tim independen.

(in/bbs)

Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews