John Kennedy, Sosok di Balik Kesuksesan Atlet PON Kepri

John Kennedy, Sosok di Balik Kesuksesan Atlet PON Kepri

Ketua KONI Kepri Johannes Kennedy Aritonang (Foto: Batamnews)

BATAMNEWS.CO.ID, Batam - Pekan Olahraga Nasional (PON) XIX Jawa Barat berakhir. Tim PON Kepri berhasil meraih total 19 medali. 

Sebanyak 7 medali emas diraih, kemudian, 4 perak, serta 8 perunggu. Raihan tersebut tentu saja tidak mudah.

Para atlet harus berjibaku. Yang cukup membanggakan, atlet layar Kepri berhasil meraih juara umum dengan 5 emas.

Pada PON XVIII, atlet layar hanya mampu meraih 3 medali emas di Pekanbaru, Riau. Kepri pun hanya menempati posisi ke 21 dengan perolehan medali 4 Emas, 1 Perak dan 4 Perunggu

Di PON kali ini Kepri peringkat Kepri membaik. Kepri menempati urutan 19 di antara 32 provinsi lainnya.

Selain ofisial tim, sosok Ketua Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Kepri Johannes Kennedy Aritonang menjadi sangat berperan penting.

Lantas bagaimana bos Panbil Group yang akrab disapa John itu menanggapinya. Berikut petikan wawancaranya dengan wartawan batamnews.co.id pada Jumat (30/9/2016).


Selamat, atlet layar Kepri berhasil menyabet juara umum nasional dengan 5 medali emas, komentar Anda?

Ya, benar kami bersyukur untuk olahraga layar Provinsi Kepri bisa menjadi juara umum nasional di PON XIX Jabar di Bandung.

 

Bagaimana cara pencapaian itu hingga bisa terwujud?

Ini menjadi sebuah bukti bahwa atlet dari Kepri itu bisa bermain di level nasional dan selain ini juga para atlet sudah unjuk gigi bukan di nasional saja, namun juga di tingkat regional.

 

Apa rencana ke depan untuk para atlet ini?

Untuk ke depan, KONI Kepri akan lebih banyak pada pembinaan terhadap olahraga layar karena telah terbukti menjadi olahraga cabang unggulan.


Menurut Anda, pembinaan seperti apa yang akan dirancang kedepannya?

Kebetulan untuk atlet layar yang berprestasi berasal dari Nongsa. KONI Kepri akan menciptakan bibit bibit baru untuk bisa dilatih untuk mengikuti jejak para atlet yang berprestasi.


Bagaimana peluang nantinya?

Kalau kita lihat dari jejak cabang olahraga layar yang dipertandingkan, atlet layar KONI Kepri masih memiliki kesempatan kesempatan lainnya untuk nomor nomor yang lain.


Kabarnya Kepri akan mencalonkan diri menjadi tuan rumah PON XXI?

Provinsi Kepri akan mencalonkan diri menjadi tuan rumah PON XXI pada tahun 2024. Masih ada sekitar 8 tahun lagi, KONI Kepri merasa yakin, dalam jangka yang demikian ini, pelatih dan atlet bisa mempersiapkan diri lebih baik.


Apakah pencapain perolehan medali di PON XIX cukup memuaskan?

KONI Kepri cukup puas dengan perolehan medali khususnya dari olahraga layar karena perolehan medali yang cukup tinggi


Mengenai penyelenggaraan PON di Jabar, bagaimana?

Ya, selama penyelenggaraan PON XIX banyak permainan tidak fair, namun atlet Kepri lebih bisa meraih medali lebih banyak dan untuk saat ini apa yang diperoleh para atlit KONI cukup membanggakan.

 

Selain olahraga layar, cabang olahraga apa yang ditarget KONI Kepri?

Untuk kedepan, KONI Kepri akan lebih fokus olahraga di air dan salah satunya olahraga cable ski. Kita punya venue. Di Marina Sekupang. Dan sekarang ini ada 1 lagi sedang dibangun di daerah Bengkong, mungkin akan dipadukan dengan Marina.


Dengan fasilitas yang ada, apa harapan KONI?

KONI Kepri berharap untuk tahun tahun ke depan, cabang olaharga layar ini bisa menjadi nomor yang dipertandingkan. Kita juga menargetkan peringkat 10 besar.

 

Selamat untuk Tim PON Kepri!

 

[jim/snw]


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews