Duterte: Jika Jerman Memiliki Hitler, Filipina Memiliki...

Duterte: Jika Jerman Memiliki Hitler, Filipina Memiliki...

Presiden Filipina Rodrigo Duterte. (foto: ist/net)


BATAMNEWS.CO.ID, Davao - Presiden Filipina Rodrigo Duterte, secara tersirat menyamakan dirinya dengan pemimpin Nazi Adolf Hitler. Dia mengaku akan senang untuk membantai jutaan pecandu dan gembong narkoba di negaranya.

Komentar itu dibuat Duterte dalam pidato sesaat setela tiba di Davao City usai kunjungan ke Vietnam. Duterte mengatakan kepada wartawan mengaku bahwa dia sudah digambarkan sebagai “sepupu Hitler” oleh para kritikusnya.

Duterte justru tidak keberatan dengan penilaian itu. Dia mencatat bahwa Hitler telah membunuh jutaan orang Yahudi di masa lalu.

“Ada tiga juta pecandu narkoba (di Filipina), saya akan senang untuk membantai mereka,” katanya, seperti dikutip Reuters, Jumat (30/9/2016). ”Jika Jerman memiliki Hitler, Filipina akan ...,” ujarnya, menunjuk ke dirinya sendiri dan berhenti bicara.

”Anda tahu korban saya. Saya inginkan (mereka) semua yang menjadi penjahat, untuk menyelesaikan masalah negara saya dan menyelamatkan generasi berikutnya dari kebinasaan,” imbuh Duterte.

Duterte terpilih menjadi Presiden Filipina dalam Pemilu Mei 2016 lalu. Sejak dilantik jadi presiden, Duterte bersumpah untuk mengakhiri korupsi dan masalah narkoba di negara berpenduduk sekitar 100 juta orang itu.

Sejak duduk di kantor Presiden Filipina, Duterte yang dijuluki “The Pusnisher” ini telah mengobarkan perang melawan narkoba. Catatan media lokal menyebut lebih dari 3.100 orang telah tewas sejak perang narkoba dikobarkan, di mana sebagian besar dari korban adalah pengguna dan gembong narkoba.

Pembunuhan besar-besaran itu sebagian dilakukan dalam operasi resmi polisi Filipina dan sebagian lagi dilakukan orang-orang tak dikenal yang dikenal sebagai “pembunuhan main hakim sendiri”.

(ind/bbs)

 


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews