BP Batam: Batam Habiskan 6 Miliar Batang Rokok Setiap Tahun

BP Batam: Batam Habiskan 6 Miliar Batang Rokok Setiap Tahun

Ilustrasi (Foto: Net)

BATAMNEWS.CO.ID, Batam - Kebutuhan akan rokok di Batam, Kepulauan Riau cukup signifikan. Dari data yang diperoleh dari BP Batam selaku pemegang kuota impor, penduduk Batam mengkonsumsi 6 miliar batang rokok per tahunnya.

Artinya, konsumsi rokok perbulan di Batam mencapai 500 Juta batang. Hal itu dihitung berdasarkan data terakhir penduduk Batam berjumlah sekitar 1,2 juta orang.

Direktur Lalu Lintas Barang BP Batam, Tri Novianto Putra menjelaskan, berdasarkan hasil survey dan dihitung besarnya kuota selama tiga tahun terakhir. Kebutuhan rokok di Batam sebanyak 6 miliar batang untuk seluruh jenis rokok termasuk non cukai.

"Untuk di Batam kebutuhan rokok sekitar 6 miliar batang, itu ada rokok non cukai dan kena cukai seperti Sampoerna, Gudang Garam dan lainnya," ujar Tri Novianto Putra usai memberikan sosialisasi pada importir rokok, Jumat (16/9/2016).

Dari angka itu, kata dia, perbandingan antara rokok non cukai dan kena cukai di pasaran 20 persen berbanding 80 persen. "Jadi untuk rokok non cukai marketnya 600 sampai 1,1 miliar barang per tahun," ujarnya menjelaskan.

Ia mengatakan, angka tersebut merupakan angka maksimal dalam memberikan kuota rokok kepada seluruh importir di Batam. "Itu merupakan angka maksimal, kami tidak akan memberikan kuota lebih dari itu," ucapnya.

Tri Novianto menambahkan, kuota rokok non cukai yang akan diberikan pada 1 Januari 2017 mendatang berjumlah 20 importir. "Importir yang kami berikan hanya berjumlah 20 dan tidak boleh lebih," kata dia.

 

[is]


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews