Tiga Maskapai Ini Bakal Ramaikan Penerbangan ke Natuna

Tiga Maskapai Ini Bakal Ramaikan Penerbangan ke Natuna

Ilustrasi. (foto:ist/net)


BATAMNEWS.CO.ID, Natuna - Beberapa maskapai penerbangan sipil dikabarkan tertarik ikut berkompetisi melayani jalur udara Natuna. Namun mereka dikabarkan masih menunggu hibah aset Enclave Sipil Pemkab Natuna ke Ditjen Perhubungan Udara, Kemenhub RI.

Kabid Perhubungan Udara, Dishubkominfo Natuna, Sapta Nugraha mengakui, tiga maskapai baru yang kini sedang ambil ancang-ancang.

"Kalau Garuda sudah minta data kompetitor belum lama ini. Kemudian ada Citilink, dan Lion Air juga siap-siap menggantikan Wings. Ya mereka (Lion) rencana bakal masukin Boeing," ujar Sapta, Selasa (13/9/2016).

Terkait pengoperasian Enclave Sipil, Sapta menjelaskan jika tim Kemenhub akan dibentuk untuk verifikasi aset bandara sebelum dihibahkan.

"Rencananya September ini tim dari Ditjen Perhubungan Udara, Kemenhub akan turun ke Natuna untuk verifikasi. Setelah tahapan itu, akan ada lagi ada rapat koordinasi antara Ditjen Perhubungan Udara, Mabes AU, Pemprov Kepri dan Pemkab Natuna," paparnya.

Kemenhub nanti akan menujuk satuan pelayanan kebendaraan. Setelah verifikasi dan hasil sesuai standar terkait aset dan administasinya.

"Secara umum saya rasa tidak ada kendala. Tinggal nunggu Kepres atau Kepmen sehingga operasionalnya nanti bisa betul-betul dilakukan. Walau masih menggunakan runway bersama dengan pangkalan militer, namun jika terbentuk nanti unit pengelola akan sesuai standar sipil," terangnya lagi.

Menurut Sapta, ke depannya tidak tertutup kemungkinan layanan penerbangan ke Natuna akan semakin bervariasi rutenya dan harga yang semakin kompetitif.

"Maskapai yang melirik Natuna ini mereka nunggu takeover aja terkait bandara ini. Ya kita doakan hal itu bisa segera terealisasi. Maskapai banyak, dan tentunya tarif juga akan bersaing dan lebih murah," ungkapnya.

(fox)

 


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews